Beranda Peristiwa Jelang Nataru Petugas Gabungan Cek Kelaikan Armada Bus

Jelang Nataru Petugas Gabungan Cek Kelaikan Armada Bus

BERBAGI
petugas memeriksa kesehatan sopir, untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan.(foto: Ana Alana)

AGTVnews.com – Petugas gabungan dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar Kota dan Dinas Perhubungan Kota Blitar melakukan uji kelaikan armada bus di terminal Patria Kota Blitar, Kamis (20/12/2018).

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Bayu Halim Nugroho mengungkapkan test kelaikan armada bus ini untuk memastikan keselamatan penumpang, utamanya menjelang libur natal dan tahun baru (nataru). Kegiatan ini sebagai upaya meminimalisir pelanggaran yang memicu terjadinya kecelakaan.

“Keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Untuk itu kami bekerja sama dengan Dishub, BNNK, dan Dinkes Kota Blitar melaksanakan uji kelaikan armada bus di Terminal Patria Kota Blitar,” papar Bayu Halim Nugroho, Kamis (20/12/2018).

| Baca Juga:  Rampok yang Terlibat Laka Lantas Sempat Dikira Jambret

Bayu Halim mengatakan, poin-poin pemeriksaan dalam uji kelaikan ini meliputi administrasi kendaraan, fisik kendaraan, dan kesehatan pengemudi. Untuk kesehatan pengemudi, Dinkes Kota Blitar melakukan test urine dan pemeriksaan kesehatan.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Untuk armada bus ada satu armada yang menyalahi izin trayek, untuk kesehatan dan test urine pengemudi sejauh ini belum ada temuan, baik yang mengkonsumsi narkoba maupun minuman beralkohol,” jelasnya.

Selain angkutan orang, petugas juga memberhentikan angkutan barang yang melintas di depan terminal Patria Kota Blitar. Sama seperti angkutan orang, pengemudi angkutan barang juga diminta melakukan test urine dan test kesehatan. Sementara armadanya juga diuji cek kelaikanya.

| Baca Juga:  Melawan Petugas, Sindikat Curanmor Ditembak Kakinya

“Kedepan kegiatan ini akan dilakukan secara rutin baik untuk angkutan barang maupun angkutan orang, tidak hanya menjelang libur natal dan tahun baru. Hal ini sebagai upaya kontrol untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan angkutan umum,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma