Beranda Pemerintahan Pemkab Tulungagung Akan Gelar Pilkades Serentak 2019

Pemkab Tulungagung Akan Gelar Pilkades Serentak 2019

BERBAGI
Kasubbag Pemerintahan Aparatur Desa, Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Tulungagung, Yudi Irwanto. (Foto:Firmanto Imansyah)

AGTVnews.com – Sebanyak 235 desa di kabupaten Tulungagung akan menggelar pemilihan serentak pada 2019 mendatang. Meski demikian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung belum memastikan tepat pelaksanaannya.

Kasubbag Pemerintahan Aparatur Desa, Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Tulungagung, Yudi Irwanto mengatakan dengan melihat program pemerintah pusat yang bakal menggelar pemilu pada 17 April mendatang maka diprediksi pelaksanaan pilkades serentak di Tulungagung bakal digelar usai pemilu.

“Pilkades tahun depan ada 235 desa yang bakal ikut, untuk kepastian pelaksanaanya belum tahu namun yang pasti setelah pelaksanaan pemilu 2019,” ungkap Yudi, Kamis (27/12/2018).

| Baca Juga:  Banyak Peminat, 5 Bakal Cakades di Tulungagung Ikuti Seleksi Awal

Yudi menambahkan, dari 235 desa yang bakal mengikuti pilkades serentak pada 2019 tersebut, masa jabatan 14 kepala desa diantaranya baru akan berakhir pada 12 Desember mendatang.

|video rekomendasi untuk anda:

 

 

Hal ini menurutnya tidak menyalahi aturan, selama pelantikan kades terpilih nantinya tidak mengurangi masa jabatan pejabat sebelumnya.

“Untuk 12 kades ini tetap akan diikutkan dalam pilkades serentak. Nah nanti pelantikannya setelah tanggal tersebut karena tidak boleh mengurangi masa jabatan pejabat sebelumnya,” ujarnya.

Masih menurut Yudi, ada perbedaan mendasar dalam syarat Bakal Calon Kades dibandingkan pemilihan sebelumnya yakni Bacakades boleh berasal dari desa lain selama masih terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

| Baca Juga:  100 Calon Rebutkan 31 Jabatan Kades di Pilkades Serentak Kabupaten Blitar

Meski demikian harus tetap memiliki ijazah minimal berpendidikan SMP dan sederajat serta usia minimal saat pencalonan yakni 20 tahun.

“Siapa saja asal WNI boleh mendaftar, syaratnya minimal pendidikan SMP dan saat daftar usianya 20 tahun,” pungkas Yudi.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma