Beranda Pemerintahan Kabar Gembira, Pemkot Blitar Akan Bayar Iuran BPJS Kesehatan Seluruh Warganya

Kabar Gembira, Pemkot Blitar Akan Bayar Iuran BPJS Kesehatan Seluruh Warganya

BERBAGI
Henry Pradipta Anwar, Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Blitar bakal menanggung semua iuran BPJS Kesehatan warga Kota Blitar pada tahun 2019. Tak tanggung-tanggung Pemkot Blitar menggelontorkan anggaran sebesar Rp 19,8 miliar untuk membayar premi.

Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar, Henry Pradipta Anwar mengatakan, alokasi anggaran untuk membayar premi BPJS Kesehatan semua warga Kota Blitar itu sudah dibahas di DPRD sejak pertengahan tahun ini.

Kalangan Dewan pun menyetujui anggaran untuk program itu. Karena aturan ini sesuai instruksi presiden, dimana pemerintah daerah harus bisa memenuhi kebutuhan BPJS untuk semua warganya.

“Anggaranya sekitar Rp 19 miliar dan sudah disetujui di tingkat DPRD. Semua warga nantinya akan tercover BPJS Kesehatan. Baik yang kurang mampu maupun yang mampu. Namun bagi warga yang sudah kaya kami mengimbau agar lebih baik ikut BPJS kesehatan mandiri,” terang Henry, Selasa(25/12/2018).

Ditemui terpisah, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Sunarko menjelaskan, Pemkot Blitar mentargetkan 95 ribu warga Kota Blitar terdaftar dalam jaminan BPJS kesehatan.

| Baca Juga:  Sejumlah Aset Pemkot Blitar Mirip Rumah Hantu

Target ini akan dimulai secara bertahap mulai 2019 mendatang. Saat ini ada 13.466 warga yang premi BPJS kesehatanya ditanggung oleh Pemkot Blitar. Pada tahun 2019 Pemkot akan menanggung premi BPJS sekitar 72.000 warganya.

“Tahun ini (2018) anggaran kami hanya Rp 3,7 miliar untuk membayar premi BPJS namun tahun depan (2019) ada kenaikan yang cukup besar karena jumlah warga yang akan ditanggung preminya juga bertambah,” tutur Sunarko.

Dinkes Kota Blitar saat ini tengah melakukan validasi data masyarakat mampu dan kurang mampu yang belum terdaftar BPJS kesehatan. Namun, Pemkot akan memprioritaskan warga miskin terlebih dulu untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here