Beranda Peristiwa Sawah Lereng Hutan di Blitar Longsor, Akses Jalan Tertutup

Sawah Lereng Hutan di Blitar Longsor, Akses Jalan Tertutup

BERBAGI

AGTVnews.com – Bencana tanah longsor terjadi di persawanan lereng hutan Dusun Sumbersari Desa Kemirigede Kecamatan Kesamben, Sabtu (15/12/2018). Akibatnya jalan satu-satunya penghubung dari Kecamatan Kedamben menuju Desa Nyawangan Kecamatan Doko tertutup material longsor.

Masyarakat yang hendak melintas harus memutar sejauh 4 kilometer. Selain menutup akses jalan, longsoran sawah sepanjang 10 meter ini juga memutus pipa saluran air minum milik PDAM.

Sawah yang longsor tersebut diketahui merupakan milik Nardi, warga Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben. Serta milik Ismiati warga Desa Kemirigede Kecamatan Kesamben.

| Baca Juga:  Puluhan Pengungsi Kabupaten Ponorogo Kekurangan Selimut

Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu M Burhanudin menjelaskan, longsor terjadi Sabtu dini hari dan langsung ada yang melaporkan kepada Polsek Kesamben. “Personil kita langsung berkoordinasi dengan instansi terkait lalu bersama-sama membersihkan material longsor,” katanya.

Sejumlah petugas yang terlibat, selain Polres Blitar, ada Koramil Kesamben, BPBD Kabupaten Blitar, petugas PDAM dan warga setempat. Karena jumlah materil cukup banyak, petugas juga harus mendatangkan alat berat untuk memindahkan material longsor.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian yang dialami pemilik sawah diperkirakan mencapai Rp 15 juta,” pungkasnya Iptu Burhanudin.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma