Beranda Hukum Kriminal Tanggul Limbah Jebol, Polres Blitar Panggil Peternakan Greenfields

Tanggul Limbah Jebol, Polres Blitar Panggil Peternakan Greenfields

BERBAGI
kondisi limbah yang jebol . (foto: ist)

AGTVnews.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Blitar bakal memanggil pihak peternakan PT Greenfields. Pemanggilan ini terkait jebolnya tanggul limbah yang menyebabkan banjir bandang limbah kotoran sapi dan menyebabkan kerugian bagi warga sekitar.

Kasatreskrim Polres Blitar AKP Rifaldhy Hangga Putra mengatakan daerah terdampak banjir bandang kotoran sapi ini di Dusun Genjong Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi. Sejumlah kandang sapi milik warga rusak dan enam ekor sapi milik warga ikut hanyut bersama aliran limbah.

“Kami sudah memintai keterangan dari warga Dusun Genjong. Rencananya Jumat (28/12/2018) kami akan memanggil pihak dari PT Greenfields untuk dimintai keterangan terkait jebolnya tanggul tersebut serta terkait dengan amdal,” jelas Rifaldhy, Kamis (27/12/2018).

Menurut dia, ada lima orang yang akan dimintai keterangan oleh penyidik Satreskrim Polres Blitar terkait hal ini.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Ditemui terpisah, Bupati Blitar Rijanto mengungkapkan, jika Pemkab Blitar langsung melakukan sidak di lokasi usai kejadian. Dalam sidak tersebut, pihaknya meminta PT Greenfields untuk segera membenahi kerusakan yang ada.

| Baca Juga:  Prihatin, Sejumlah Sungai di Kota Blitar Dipenuhi Sampah

Tidak hanya itu pihaknya juga meminta agar permasalahan dengan warga terdampak jebolnya tanggul segera diselesaikan.

“Harus segera diselesaikan. Permasalahan dengan dengan warga harus diselesaikan. Warga yang terdampak harus didata serta membenahi kerusakan yang ada agar tidak terjadi hal serupa,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, tanggul limbah PT Greenfields di Blitar jebol. Material lumpur bercampur limbah kotoran sapi menyebabkan debit arus di sungai Dusun Genjong Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi membludak hingga dua meter.

Akibatnya, terjadi banjir bandang yang menghantam dua kandang dan menghanyutkan enam sapi milik warga setempat yang posisinya tepat berada dibawah perusahaan itu.

PT Greenfields merupakan peternakan sapi terbesar dengan populasi sekitar 4.000 sapi. Sedangkan kapasitas penampungan tanggul limbah sapi itu sebanyak 100 ribu kubik.

Posisi tanggul limbah, berada di tebing dengan kemiringan cukup curam, tepat diatas sungai sepanjang Desa Pijiombo menuju Desa Genjong dan Tegalasri.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here