Beranda Peristiwa Tanggul Limbah Peternakan Sapi Jebol Hantam Pemukiman warga

Tanggul Limbah Peternakan Sapi Jebol Hantam Pemukiman warga

BERBAGI
Aliran lumpur dari kolam limbah peternakan sapi perah di Dusun Genjong Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar masuk ke pemukiman menghanyutkan 6 ekor sapi. (foto: ist)

AGTVnews.com – Tanggul kolam penimbunan limbah milik peternakan sapi perah Greenfields di Dusun Genjong Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar Jebol. Akibatnya limbah kotoran sapi yang ditampung di kolam meluber masuk ke pemukiman warga.

Kasubag Humas Polres Blitar, Iptu M Burhanudin menyatakan, jebolnya tanggul tersebut terjadi pada Senin malam sekitar pukul 23.30 WIB. Aliran limbah berbentuk lumpur pekat tersebut mengarah ke pemukiman warga.

“Warga mendengar suara gemuruh, lalu dicek berasal dari tanggul penimbunan limbah milik peternakan sapi perah. Selanjutnya warga melapor ke Polsek Wlingi,” kata Iptu Burhanudin, Selasa (18/12/2018).

| Baca Juga:  Puluhan Pengungsi Tokawi Tinggal di Posko Seadanya

Bersama warga, personel Polsek Wlingi mengecek ke atas asal aliran lumpur. Setelah dicek ternyata aliran lumpur berbau limbah itu berasal dari tanggul peternakan sapi greenfield yang ambrol sehingga air limbah mengalir deras ke bawah mengikuti arus sungai yang menuju ke Dusun Genjong hingga ke Desa Tegalasri dengan ketinggian dari sungai mencapai kurang lebih 2 meter.

“Petugas Polsek Wlingi mendapat laporan jika ada enam sapi warga yang terseret lumpur,” papar Iptu Burhanudin.

Hingga kini enam sapi peliharaan warga tersebut belum ditemukan keberadaanya. Jebolnya tanggul tersebut diduga karena tanggul tidak mampu menampung air limbah.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma