Beranda Hukum Kriminal 10 Kasus Kriminal Paling Heboh di Tulungagung, Ini Daftarnya

10 Kasus Kriminal Paling Heboh di Tulungagung, Ini Daftarnya

BERBAGI

AGTVnews.com – Sepanjang tahun 2018 ini Polres Tulungagung menyebut telah mengungkap ratusan kasus tindak pidana kriminal, baik kejahatan klasik seperti pencurian maupun ekstra crime seperti kasus pembunuhan.

Dari sekian banyak kasus yang terungkap, ada setidaknya 10 kasus yang cukup menonjol dan menyita perhatian warga Tulungagung. Apa saja kasus tersebut?

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, kasus paling menonjol dan cukup sensasional adalah pengungkapan kasus akun facebook pengunggah ujaran kebencian Puji Ati.

Pemilik akun Facebook, Rohmad Kurniawan (36 tahun) warga Desa Serut Kecamatan Boyolangu Tulungagung sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sebanyak 7 saksi telah diperiksa dan polisi memastikan kasus tersebut akan tetap didalami untuk mengungkap pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

| simak video rekomendasi untuk anda:

“Yang paling berkesan pengungkapan pengelola akun facebook Puji Ati, dan ini akan berkembang ke tersangka lainnya. Kasus ini kami anggap menonjol karena dampaknya di masyarakat terasa sekali. Unggahan status akun hoax itu sangat merugikan,” tegas Kapolres.

Tofik menjelaskan, selain kasus akun facebook Puji Ati, kasus lain yang menonjol adalah pengungkapan kasus pembunuhan suami istri di Desa Bangoan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung.

| Baca Juga:  Korban Over Dosis Miras di Tulungagung Akhirnya Tewas

Kasus ini cukup menonjol karena dilakukan oleh tetangga korban saat sore hari dan diketahui oleh banyak orang. Beruntung pelaku yang mengalami gangguan jiwa bisa dilumpuhkan sesuai dengan prosedur kepolisian.

Kasus pembunuhan yang menonjol dan sudah terungkap adalah pembunuhan ibu muda, Siti Umi Hanik (36 tahun) warga Desa Panjerrejo Kecamatan Rejotangan Tulungagung. Pelaku yang tak lain adalah tetangga korban bisa ditangkap setelah bersembunyi sekitar 17 hari dalam pelarian.

“Kasus yang menonjol, ada pembunuhan pasutri di Desa Bangoan kemudian kasus pembunuhan di Rejotangan, semuanya berhasil kita ungkap,” lanjutnya.

Kasus lainnya adalah percobaan perampokan nasabah bank dengan cara tembak ban. Ada 5 tersangka berhasil diamankan polisi. Kasus ini terungkap berkat keberanian salah satu anggota polisi yang curiga dengan gerak gerik pelaku yang telah mengincar korbannya di sekitar Gor Lembu Peteng Tulungagung.

| Baca Juga:  Korban Penggelapan Mobil Rental Semakin Bertambah

Berkat kerjasama dengan unit Satlantas Polres Tulungagung, pelaku berhasil diringkus saat akan melarikan diri ke arah luar kota. “Ada 4 tersangka kasus percobaan perampokan nasabah bank berhasil kita amankan, saat ini masih dalam proses hukum selanjutnya,” tutur Kapolres.

Tofik mengungkap, kasus penganiayaan di kecamatan Bandung dan penganiayaan hingga korban meninggal dunia di kecamatan Tulungagung juga menjadi kasus yang menonjol. Sebanyak 5 tersangka berhasil diamankan.

“Penganiayaan hingga korbannya meninggal dunia, ada 5 orang tersangka dan semuanya bisa kita amankan, untuk TKP Bandung ada 3 orang tersangka,” ungkap Kapolres.

Pengungkapan kasus korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD)di desa Sumberringinkulon kecamatan Ngunut juga menjadi kasus yang menonjol. Mengingat predikat kabupaten Tulungagung yang masuk dalam kategori kabupaten terbaik yang mampu memanfaatkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

“Korupsi DD dan ADD, kemudian yang menonjol lainya yaitu pencurian hewan di 3 TKP kecamatan Rejotangan dan pengungkapan uang palsu di Boyolangu,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma