Beranda Pemerintahan Dalam Seminggu Kasus DBD di Blitar Meningkat Hingga Lebih 100 Persen

Dalam Seminggu Kasus DBD di Blitar Meningkat Hingga Lebih 100 Persen

BERBAGI

AGTVnews.com – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Blitar mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Data Dinas Kesehatan setempat mencatat hingga 22 Januari lalu tercatat 82 kasus.

Namun per-28 Januari data yang ter-update Dinkes Kabupaten Blitar mencapai 200 penderita. Dari jumlah tersebut Dinas Kesehatan juga mencatat 3 penderita meninggal dunia.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, dari 200 kasus DBD yang ada, 3 pasien diantaranya meninggal dunia.

“Jumlah penderita tersebut kami update terus. Penderita ini menyebar hampir di semua kecamatan di Kabupaten Blitar. Namun untuk penderita yang meninggal berasal dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sanankulon, Kademangan dan Talun,” jelas Krisna, Rabu (30/1/2019).

“Kasus penderita meninggal dunia yang pertama terjadi di Kecamatan Sanankulon usianya 28 tahun. Kemudian disusul dua penderita di Kademangan dan Talun usianya di bawah 15 tahun,” paparnya.

| Baca Juga:  GOW Kabupaten Blitar, Ajak Wanita Menjadi Ibu cerdas

|video rekomendasi untuk anda:

 

Menurut dia, jumlah kasus di tahun 2019 meningkat berkali-kali lipat dibandingkan waktu yang sama di tahun 2018. “Faktor cuaca menjadi penyebab utama banyaknya kasus DBD,” imbuhnya.

Sejumlah upaya telah dilakukan Dinkes Kabupaten Blitar. Termasuk foging di wilayah yang terdapat kasus DBD sejak Desember 2018.

Namun upaya foging ini tidak memberi efek maksimal karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Sedangkan jentiknya tetap berkembang biak.

“Kami tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dan peduli terhadap kebersihan lingkungan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here