Beranda Hukum Kriminal Pencurian dan Penipuan Dominasi Kriminalitas di Kediri

Pencurian dan Penipuan Dominasi Kriminalitas di Kediri

BERBAGI
AKBP Anthon Haryadi, kapolres Kediri Kota. (foto M Ubaidhillah)

AGTVnews.com – Pencurian dan Penipuan menjadi kasus kriminal tertinggi di wilayah hukum Polres Kediri Kota sepanjang 2018.

Menurut Kapolres Kediri AKBP Anthon Haryadi, dari total 207 kasus kriminal, 104 diantaranya adalah pencurian dan 38 adalah kasus penipuan dan penggelapan.

“Selain curat dan penipuan ada kasus eksploitasi, ancaman dengan kekerasan dan senjata tajam (Sajam), pemalsuan surat dan dokumen, pemerkosaan, serta pembunuhan, dan perjudian, dan lainnya,” jelasnya AKBP Anthon Haryadi, Selasa (1/1/2019).

Dari total 207 kasus tersebut, lanjut Kapolres, pihaknya berhasil menyelesaikan 150 kasus kejahatan, sedangkan sisanya sebanyak 57 masih dalam proses.

| Baca Juga:  Polisi Usut Pembuang Limbah Berbahaya di Kediri

Selain kasus kriminalitas, Polres Kediti Kota juga mengungkap kasus pengoplosan miras jenis arak jowo (arjo) yang dinilai membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

“Untuk miras, setidaknya ada 6 kasus yang berhasil kita tangani, dan jumlahnya ada puluhan ribu botol dan ribuan liter yang sudah kita musnahkan,” katanya.

Sedangkan untuk obat terlarang lanjut Kapolres, ada sebanyak 54 kasus. Jumlah tersebut turun 43 persen dari tahun sebelumnya, yang sebanyak 95 kasus.

Selain itu, untuk pelanggaran Lalu lintas Polresta Kediri melalui Satuan Lalu Lintas telah menindak sebanyak 18.845 pelanggar.

| Baca Juga:  Uji Kemampuan Anggota, Polres Trenggalek Gelar Lomba Olah TKP

“Jumlah ini cenderung mengalami penurunan sebanyak 29,65 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2017 yang mencapai 26.786 tilang. Kalau jumlah pelanggaran turun, berarti masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Kediri Kota lebih memperhatikan aturan yang berlaku,” tutup Kapolres.(*)

Reporter: M Ubaidhillah
Editor  : Linda Kusuma