Beranda Pemerintahan Rekam e-KTP Warga Binaan, Dispendukcapil Kota Blitar Datangi Lapas

Rekam e-KTP Warga Binaan, Dispendukcapil Kota Blitar Datangi Lapas

BERBAGI
petugas dispendukcapil Kota Blitar melakukan perekaman e-ktp warga lapas Blitar.(foto: Ana Alana)

AGTVnews.com – Mengantisipasi warga yang belum memiliki KTP, Dinas Kependudukan dan catatn Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar melakukan perekaman e-KTP di Lapas Kelas IIB Blitar, Kamis (17/1/2019). Kegiatan ini juga untuk mensukseskan Pemilu 2019

Roy Mahardika, Kasubsi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Klas II B Blitar mengatakan, perekaman e-KTP ini dikakukan kepada warga binaan baik yang masih berstatus tahanan maupun narapidana.

“Ini sesuai dengan instruksi Mendagri, terkait dengan gerakan jemput bola perekaman e-KTP di seluruh Lapas di Indonesia,” ungkap Roy Mahardika.

Menurut dia, sesuai petunjuk KPU kemungkinan pada pelaksanaan Pemilu 2019 nanti akan ada satu TPS di dalam Lapas. “Sesuai petunjuk KPU akan ada satu TPS di dalam Lapas,” imbuhnya.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Dalam perekaman e-KTP oleh petugas Dispendukcapil ini, Komisioner KPU Kota Blitar Khoirul Umam juga hadir untuk memantau.

Menurutnya, hal ini bagian dari program KPU RI dalam rangkaian program gerakan melindungi hak pilih. Hal ini bertujuan untuk mengakomodir warga binaan yang ada di rutan dan lapas.

| Baca Juga:  Jangan Asal Copot Baliho Caleg, Bisa Dipidana

Data dari LP Klas II Blitar menyebutkan, ada 463 warga binaan yang mempunyai hak pilih di Pemilu 2019. Dari total itu, yang sudah masuk daftar pemilih tambahan (DPTb) ada 228 orang. Selebihnya, masih menunggu instruksi dari KPU pusat.

“Sisanya sebanyak 235 orang itu masih belum tahu apakah masuk DPTb atau DPK (daftar pemilih khusus),” ungkap Umam.

Umam menjelaskan, kalau masuk DPTb, warga binaan ini harus sudah terdaftar di DPT. Padahal, saat ini, proses tahapan DPT sudah selesai. Sehingga tidak dimungkinkan para warga binaan itu masuk DPTb.

Menurutnya, yang memungkinkan para penghuni yang belum masuk DPTb dimasukkan ke DPK. Tetapi, untuk masuk ke DPK, para warga binaan yang belum masuk ke DPTb harus domisili di wilayah sekitar TPS.

“Kita tunggu kebijakan dari pusat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here