Beranda Politik ASN Bisa Hadiri Kampanye Paslon, Asal…

ASN Bisa Hadiri Kampanye Paslon, Asal…

BERBAGI
Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun. (foto:Firmanto Imasnyah)

AGTVnews.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa hadir dalam kampanye pasangan calon (paslon), caleg maupun partai pada masa kampane 2019 ini. Pernyataan ini disampaikan ketua Bawaslu Tulungagung Fayakun.

Menurutnya ASN memiliki hak politik untuk memilih paslon maupun caleg pada pemilihan umum. “Boleh menghadiri, ASN kan juga punya hak pilih dalam pemungutan suara nanti,” ujar Fayakun,Kamis (28/2/2019).

Fayakun menambahkan, kehadiran ASN dalam kampanye tersebut harus dengan catatan, yakni bukan untuk mendukung atau menjadi penyelenggara kampanye dan simpatisan partai. Hanya untuk mengetahui janji-janji politik pasangan yang sedang berkampanye.

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

“Asal tidak untuk menunjukkan dukungan, bukan penyelenggara atau panitia kampanye dan tidak menggunakan atribut yang menunjukkan sebagai pendukung atau simpatisan,” lanjutnya.

|video rekomendasi untuk anda:

Fayakun menjelaskan, untuk membedakan kehadiran ASN dalam kampanye bisa dilihat dari gesturenya, kemudian atribut yang dikenakannya dan beberapa faktor pendukung lain yang bisa menunjukkan kecondongan politiknya.

Selama ini bawaslu telah memiliki Panwascam dan Pengawas Pemilu Desa (PPD) yang bertugas mengawasi jalannya kampanye di masing-masing desa atau kelurahan. Dari sanalah informasi mengenai keterlibatan atau netralitas ASN diperoleh.

| Baca Juga:  KPU Kota Kediri Tetapkan Daftar Pemilih Tambahan

“Kita bisa dapat laporan dari PPD maupun panwascam atau dari masyarakat lain. Meski demikian tetap diklarifikasikan terlebih dahulu, dan tidak asal langsung memberikan vonis,” tegas Fayakun.

Seringkali ‘netralitas’ ASN menjadi salah satu hal yang bisa mempersempit para ASN ini untuk mendapatkan informasi lebih tentang calon yang harus dipilih dalam gelaran kontestasi Pemilu 2019.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here