Beranda Pemerintahan Beberapa ASN di Tulungagung Diindikasi Tidak Netral

Beberapa ASN di Tulungagung Diindikasi Tidak Netral

BERBAGI

 

AGTVnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tulungagung, mengindikasikan adanya beberapa ASN yang tidak netral dalam masa kampanye pileg dan pilpre 2019 ini.

Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun mengatakan dalam masa kampanye pileg dan pilpres tahun 2019 yang cukup panjang ini, potensi pelanggaran netralitas ASN dalam pemilu memang ada.

Meski demikian pihaknya enggan gegabah memvonis keterlibatan ASN dalam kampanye tanpa melalui proses yang sudah ditetapkan.

“Potensi tetap ada, tapi untuk memastikannya harus melalui prosedur, klarifikasi, konfirmasi dan lain-lain,” ujarnya.

Saat ini Bawaslu Tulungagung sedang mendalami adanya dugaan pelanggaran netralitas ASN di dinas pendidikan Tulungagung.

Dugaan yang dimaksudkan adalah adanya beberapa kali postingan ASN tersebut mengenai berita berita yang berkaitan dengan peserta pilpres 2019.

“Memang kita sedang dalami satu ASN dinas pendidikan yang beberapa kali memposting hal-hal yang berkaitan dengan salah satu capres,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Kanal Mata-mata Medsos PNS Ternyata Hoax

Fayakun menegaskan, kendati sudah menemukan sejumlah data postingan dan data pendukung lainnya namun pihaknya enggan terlalu dini memberikan vonis pada ASN yang dimaksud.

Langkah pertama yang akan diambil oleh pihaknya adalah menjadwalkan pemanggilan yang bersangkutan, untuk dimintai keterangan mengenai tujuan, maksud dan niat dari postingan yang dilakukan oleh ASN tersebut.

“Ini akan kita panggil dulu, akan kita minta konfirmasi soal postingan yang dimaksud,” tuturnya.

Fayakun memastikan dalam waktu dekat ini yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Selanjutnya menurut Fayakun, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada yang bersangkutan, sanksi bisa diberikan oleh atas langsung dari ASN yang bersangkutan maupun pemkab secara langsung melalui Badan Kepagawaian.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here