Beranda Hukum Kriminal Caleg Terlibat Penipuan Mobil, KPU Mengaku Belum Terima Laporan

Caleg Terlibat Penipuan Mobil, KPU Mengaku Belum Terima Laporan

BERBAGI
mobil korban yang digelapkan oleh Yanuar.(foto:ana alana)

AGTVnews.com – KPU Kota Blitar mengaku belum menerima laporan terkait salah satu caleg DPRD Kota Blitar yang terlibat dalam kasus penipuan. Perrnyataan ini diungkapkan Mashudi, komisioner Divisi Teknik KPU Kota Blitar.

“Apabila memang ditemukan caleg meninggal dunia dan terlibat tindak pidana yang sudah inkrah ini memang bisa membatalkan pencalonan. Namun harus melalui mekanisme pelaporan. Sejauh ini belum ada laporan, baik dari masyarakat maupun dari partai politik pengusung terkait caleg yang dimaksud,” ungkap Mashudi, Kamis (13/2/2019).

Mashudi mengatakan, jika benar ada caleg yang terlibat tindak pidana seharusnya Parpol pengusung segera melaporkan ke KPU. Sehingga KPU segera melakukan klarifikasi terhadap caleg yang bersangkutan.

“Secara mekanisme belum ada laporan dari partai. Jika benar ada kejadian seperti itu seharusnya partai laporan untuk diproses dan dilakukan klarifikasi,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Lima Kali Gagal Nyaleg, Pria di Kota Blitar Ini Pantang Menyerah

|video rekomendasi untuk anda:

 

Mashudi menambahkan, kalaupun terbukti ada caleg yang terlibat tindakan pidana, tidak akan merubah surat suara.

“Tidak akan mengubah surat suara. Contohnya seperti pak Glebot yang sudah meninggal. Kalau pada saat pemilihan mendapatkan suara nanti suaranya ke parpol,” jelasnya.

Sebelumnya Yanuar Febrianto (25 tahun) warga Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar ditangkap Satreskrim Polres Blitar Kota.

Yanuar yang belakangan diketahui sebagai Caleg DPRD Kota Blitar ini diamankan karena melakukan penipuan mobil Grand Livina dan Honda CRV terhadap Rizqi Mahendra (31 tahun) warga Surabaya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here