Beranda Politik KPU Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

KPU Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

BERBAGI
ceremonial acara pelipatan di gudang KPU Kabupaten Kediri.(foto: M Ubaidillah)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mulai melakukan pelipatan Surat Suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Kediri, Senin (25/2/2019).

Pelipatan surat suara (SS) itu dilakukan di Gudang Logistik KPU di Desa Gogorante Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Isara, tenaga pelipatan diambilkan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri.

“Kita memanggil PPK untuk melakukan pelipatan. Hal itu karena jika dibandingkan warga setempat, saya kira PPK lebih memahami peraturan tentang surat suara itu,” jelas Sapta Andaru Iswara.

| Baca Juga:  Merasa Diremehkan Prabowo, Puluhan Ojol Lakukan Demo

|simak video berita terkait:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QhlnMByB0GM?showinfo=0&w=480&h=270]

Untuk estimasi waktu pelipatan, Sapta menyebutkan akan selesai sekitar dua hari kedepan.

“Selesai ini kita akan langsung melakukan pelipatan untuk Surat Suara DPD dan DPR RI, namun untuk saat ini surat suara DPD dan DPR RI itu belum sampai di gudang,” ucapnya.

Sapta memastikan seluruh surat suara untuk Pileg akan selesai sekitar dua minggu kedepan. “Sebenarnya kita bisa lebih cepat selesai, namun kendalanya hanya SS nya yang belum datang,” ujar Sapta.

| Baca Juga:  Caleg Mundur Tidak Dapat Respon Pihak Terkait, Bawaslu Tulungagung Panggil KPU dan Partai

Saat ini diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap di Kabupaten Kediri ada sebanyak 1,226,382. Namun, untuk surat suara jumlahnya tidak sama seperti jumlah DPT, ada tambahan sebanyak 2 persen dari total DPT.

“Tambahan 2 persen itu diberikan untuk menyiapi pemilih tambahan atau DPTb, dan tambahan 2 persen itu hari ini juga ikut dilipat,” pungkasnya.(*)

Reporter: M Ubaidillah
Editor: Linda Kusuma