Beranda Pemerintahan KPU Tulungagung Masih Tunggu Surat Suara DPD dan Pilpres

KPU Tulungagung Masih Tunggu Surat Suara DPD dan Pilpres

BERBAGI

AGTVnews.com – KPU Tulungagung telah menerima sebagian Surat Suara (SS) untuk pemilu 2019 yang digelar 17 April mendatang.

SS yang diterima yakni SS untuk Pemilihan DPRD Tulungagung, DPRD Provinsi dan DPR RI. Sementara SS untuk Pemilihan DPD dan Pemilihan Pilpres belum datang.

Anggota Komisioner KPU Tulungagung, Mustofa mengatakan berdasarkan data yang dimilikinya, dari surat suara yang telah diterimanya masih terdapat kekurangan namun pihaknya yakin dalam waktu dekat ini bisa diselesaikan.

“Yang sudah kita terima surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten namun masih ada kekurangan. Sementara untuk surat suara Pilpres dan Pemilihan DPD belum kita terima,”ujarnya.

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

Mustofa menambahkan untuk surat suara DPR RI ada kekurangan 1.749 surat, untuk surat suara DPRD Provinsi kekurangannya sebanyak 1.749 begitu juga untuk DPRD Kabupaten.

Kekurangan yang terjadi bukan karena adanya perbedaan hitungan antara KPU RI dan KPU Tulungagung namun adanya perbedaan proses penambahan 2% surat suara cadangan dari jumlah total Daftar Pemilih di Tulungagung.

Total daftar pemilih di Tulungagung sebanyak 852.270 pemilih. Untuk perhitungan surat suara yang dilakukan oleh KPU RI dilakukan berdasarkan jumlah total DPT di masing masing kabupaten.

Namun KPU Tulungagung melakukan penambahan 2% surat suara cadangan berdasarkan DPT di masing masing TPS.

| Baca Juga:  Caleg PKB Tulungagung Temukan Dugaan Penggelembungan Perolehan Suara di 51 TPS

“Kekurangan ini karena ada perbedaan penghitungan surat suara cadangan sebanyak 2%, dari KPU RI dihitung dari total DPT, kalau dari kita dihitung per TPS,” akunya.

Mustofa memperkirakan dalam waktu 5 hari kedepan kebutuhan surat suara bisa terselesaikan, baik untuk surat suara yang kurang maupun Surat suara yang belum terkirim sama sekali.

Sementara itu untuk surat suara yang telah diterima langsung dilakukan sortir sekaligus pelipatan oleh 50 petugas pelipat profesional yang didatangkan dari luar kota.

“Untuk sortir dan pelipatan, diprediksi butuh waktu 15 hari,” pungkasnya.(*)

Reporter : Firmanto Imansyah

Editor: Linda Kusuma