Beranda Tips Trik Mengintip Proses Pembuatan Minuman Fermentasi Susu Kefir Ala Wisata Bukit Bunda

Mengintip Proses Pembuatan Minuman Fermentasi Susu Kefir Ala Wisata Bukit Bunda

BERBAGI

AGTVnews.com – Kefir merupakan minuman fermentasi dari susu. Saat ini minuman tersebut tengah naik daun karena beragam manfaatnya bagi kesehatan.

Tidak hanya  bisa dikonsumsi fermentasi susu kefir ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Tak banyak yang tahu, ternyata minuman susu fermentasi ini juga diproduksi di Blitar. Tepatnya di Wisata Bukit Bunda Desa Dawuhan Kabupaten Blitar.

Susu fermentasi kefir ini dibuat oleh Ayu Ricke Ahsan, pengelola Wisata Bukit Bunda. Prosesnya bahan dasar susu sapi murni diberi bibit kefir.

Kemudian, diletakan dalam wadah tertutup dan didiamkan selama 48 jam. Setelah 48 jam susu fermentasi bisa dipanen dan dinikmati.

“Meskipun terlihat sederhana namun pembuatan susu fermentasi kefir ini bisa dibilang cukup rumit. Karena bibit kefir, harus diperlakukan dengan baik sehingga dapat dipakai untuk membuat kefir setiap hari. Takaranya 1 liter susu sapi segar di mix dengan 20 hingga 50 gram bibit kefir,” ungkap Ayu, Jumat (1/3/2019).

Selain diminum, fermentasi susu kefir ala Wisata Bukit Bunda ini juga diambil endapanya untuk dijadikan masker wajah.

Susu dan masker ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk masker dijual dengan harga Rp 5 ribu per kemasan sedangkan susu fermentasinya dijual dengan harga Rp 10 ribu perbotol.

“Konsumen disini selain wisatawan yang datang ke Bukit Bunda, juga banyak yang memesan. Utamanya  masker untuk kebutuhan perawatan wajah,” tuturnya.(*)

Reporter: Ana Alana 
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here