Beranda Peristiwa Musim Penghujan, BPBD Sebut Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Blitar Meningkat

Musim Penghujan, BPBD Sebut Bencana Tanah Longsor di Kabupaten Blitar Meningkat

BERBAGI
peristiwa longsor di wilayah Kabupaten Blitar.(foto:ana alana)

AGTVnews.com – Dampak musim penghujan menyebabkan bencana tanah longsor kembali menerjang wilayah rawan longsor di Kabupaten Blitar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Heru Irawan mengatakan, jumlah kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Blitar, tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Intensitas hujan cukup tinggi sejak awal tahun, jadi memang memicu tanah longsor di beberapa titik,” ungkap Heru, Jumat (15/3/2019).

Menurut dia, BPBD mencatat setidaknya selama Januari hingga Februari 2019 sudah ada 33 kejadian tanah longsor. Longsor menerjang beberapa titik di wilayah perbukitan yang mencakup Kecamatan Gandusari, Doko, Selorejo dan Kesamben.

| Baca Juga:  Salah Satu PDP Meninggal di Kabupaten Blitar Dipastikan Positif Corona

|video rekomendasi untuk anda:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=UC5KUaEspfk?showinfo=0&w=480&h=270]

“Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2018. Di tahun 2018 selama Januari hingga Februari kami mencatat hanya ada 22 kejadian tanah longsor,” jelas Heru.

Kerawanan ini kini tengah menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Blitar. Melalui BPBD, Pemkab Blitar gencar mensosialisasikan mitigasi bencana kepada masyarakat.

“Kerawanan ini memang perlu menjadi perhatian pemerintah. Oleh sebab itu ada sosialisasi mitigasi bencana. Disisi lain, kami juga berharap masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan lebih peka terhadal kondisi lingkungan tempat mereka tinggal,” paparnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma