Beranda Peristiwa Polisi Tilang Pengendara Yang Terbidik Speed Gun Melanggar Batas Kecepatan

Polisi Tilang Pengendara Yang Terbidik Speed Gun Melanggar Batas Kecepatan

BERBAGI
speed gun alat pengukur kecepatan maksimal pengendara di jalan raya.(foto:ana alana)

AGTVnews.com – Polisi Lalu Lintas Polres Blitar menerapkan uji coba tilang menggunakan alat Speed Gun. Teknologi pembaca kecepatan pengendara ini dilakukan di Jalan Raya Pasirharjo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, Rabu (13/3/2019).

Kasatlantas Polres Blitar AKP Amirul Hakim mengatakan, dalam uji coba tilang ini pihaknya fokus menggunakan alat pengukur kecepatan. Bagi kendaraan yang melebihi kecepatan sesuai Permenhub 111 dilakukan penindakan. Karena berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Kita gunakan speed gun dan tadi ada beberapa kendaraan yang melanggar kecepatan melebihi batas maksimal kecepatan jalan nasional yakni 80 kilometer per jam. Sehingga kami berikan sanksi tilang,” ungkap AKP Amirul.

Menurut dia, cara kerjanya uji coba tilang menggunakan speed gun ini ada petugas yang mengarahkan speed gun untuk membidik ke kendaraan yang melintas.

| Baca Juga:  Komplotan Curanmor Area Persawahan Dibekuk Polisi

|video rekomendasi untuk anda:

 

Nantinya akan ketahuan kecepatannya dan jarak diambil foto tersebut. Kemudian di jarak 1 kilometer ada sudah disiapkan petugas kepolisian lainya yang bertugas melakukan penindakan.

“Antara petugas yang membidik menggunakan speed gun dan petugas yang menindak saling terhubung. Sehingga tahu kendaraan mana saja yang melanggar batas kecepatan,” jelasnya.

Selain uji coba tilang menggunakan Speed Gun, petugas juga memberlakukan terapi pelanggaran lalulintas. Dengan menghadirkan ikon hantu korban laka lantas Hantu sebagai bagian dari terapi kepada pelanggar lalulintas.

“Selama ini kita melakukan penindakan hanya berupa sanksi tilang. Mungkin efek jeranya kurang. Sehingga kami beri terapi pelanggaran lalulintas dengan menghadirkan sosok hantu ini sebagai simbol korban kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here