Beranda Advetorial Bupati Blitar Pimpin Upacara Penyerahan Personil Sat Linmas Pemilu 2019

Bupati Blitar Pimpin Upacara Penyerahan Personil Sat Linmas Pemilu 2019

BERBAGI

AGTVnews.com – Sebanyak 10.966 personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) diserahkan Pemkab Blitar kepada Polres Blitar dan Polres Blitar Kota. Penyerahan personil Sat Linmas ini dilaksanakan dalam apel gelar pasukan di alun-alun Pemkab Blitar di Kanigoro, Jumat (5/4/2019). Apel gelar pasukan dipimpin langsung Bupati Blitar Rijanto.

Dalam sambutanya Bupati mengatakan, penyerahan personil Sat Linmas ini bertujuan untuk pengamanan pelaksanaan pemilu 2019. Bupati Blitar menjelaskan bahwa Sat Linmas sebagai salah satu pelaksana profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan pemilu 2019.

“Dengan ini kami serahkan kepada Kapolres dan Kapolres Blitar Kota untuk diadakan pembinaan dan pelatihan seperlunya agar dapat tepat guna dalam pelaksaan tugas pengamanan,” ungkap Bupati Blitar Rijanto.

Rijanto menambahkan jika tahun 2019 ini adalah tahun istimewa karena Pemilu secara serentak pertama kalinya dilaksanakan.

| Baca Juga:  Dinas Peternakan Blitar Mulai Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban

|video rekomendasi untuk anda:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=wwSbjdIuN6E?showinfo=0&w=480&h=270]

Dari total 10.966 personil Sat Linmas yang diserahkan ke Polres Blitar dan Polres Blitar Kota terbagi atas wilayah Polres Blitar Kota ada 6 wilayah kecamatan, 77 Desa/Kelurahan, dan 1520 TPS akan diperkuat anggota Sat Linmas sebanyak 3.485 personil. Sedangkan Polres Blitar ada 16 wilayah kecamatan terdiri dari 171 desa/kelurahan dan 3.233 TPS , akan diperkuat 7.481 personil Sat Linmas.

“Kami berharap semua berjalan baik dan lancar pemilu berjalan sukses baik di Kabupaten Blitar maupun skala nasional,” imbuhnya.

Bupati juga berharap agar semua elemen masyarakat bersama-sama turut serta mensukseskan pemilu tahun 2019, tidak terkecuali Sat Linmas yang secara langsung mempunyai kewajiban pengamanan di setiap TPS.

| Baca Juga:  Pemkab Blitar Gelar Peringatan Nuzulul Quran

“Linmas tidak boleh dipandang sebelah mata, karena keberadaan Linmas dari, oleh dan untuk masyarakat dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat sehingga mengetahui kondisi real dari masyarakat,” jelas Bupati.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Suyanto mengatakan, secara resmi personil Sat Linmas yang dimiliki Kabupaten Blitar telah diserahkan kepada pihak Kepolisian. Termasuk penataan personil sepenuhnya menjadi kewenangan pihak kepolisian

“Ini sesuai aturan dan prosedur bahwa pemerintah daerah harus menyediakan Sat Linmas untuk membantu memback up pengamanan pelaksanaan pemilu,” papar Suyanto.

Apel gelar pasukan ini dihadiri jajaran Forkopimda, KPU sebagai pelaksana pemilu, Bawaslu, Satpol PP, TNI dan Polri.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar