Beranda Hukum Kriminal Eko Purnomo, Ditahan di Lapas Kelas IIB Tulungagung

Eko Purnomo, Ditahan di Lapas Kelas IIB Tulungagung

BERBAGI
Eko Purnomo, tersangka kasus pungli PPDB saat berpamitan dengan istrinya. Gestur tubuh tersangka seolah menguatkan. (foto;firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Tersangka kasus pungli Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 02 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, Eko Purnomo telah dilimpahkan ke kejaksaan Tulungagung, Selasa (9/4/2019).

Eko datang ke Kejaksaan Negeri Tulungagung bersama dengan tim kuasa hukumnya dan petugas dari Satreskrim Polres Tulungagung.

Salah satu anggota tim kuasa hukum tersangka, Komarul Huda mengatakan kondisi kliennya memang sudah cukup sehat jika dibandingkan dengan pelimpahan tahap kedua awal Maret lalu. Pelimpahan sebelumnya gagal terlaksana karena sakit yang dialami kliennya.

“Yang kemarin itu sakit bagian perutnya, kalau sekarang ini sudah sehat,”ujarnya.

|video rekomendasi untuk anda:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=EnCuN1f-a1M?showinfo=0&w=480&h=270]

Komarul menjelaskan, sebagai anggota tim kuasa hukum tersangka, pihaknya selalu mengupayakan agar tersangka hanya dikenakan tahanan kota. Hal ini berdasarkan pertimbangan selama ini yang bersangkutan selalu kooperatif dan tidak berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

| Baca Juga:  Cacat Hukum, Mantan PNS di Tulungagung Gugat Pemkab Setempat

“Maunya sih kalau bisa menjadi tahanan kota saja. Tapi balik lagi semua tergantung keputusan pihak kejaksaan,” tuturnya singkat.

Setelah ditunggu sekitar 3 jam, akhirnya Eko bersama dengan petugas dari kejaksaan negeri Tulungagung meninggalkan gedung kejaksaan dan masuk ke salah satu mobil yang telah disediakan untuk dikirim ke Lapas Kelas IIB Tulungagung.

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan negeri Tulungagung, Rahmat Hidayat mengatakan pihaknya langsung menahan tersangka dan menitipkan penahanannya ke Lapas Kelas IIB Tulungagung. Selama 20 hari kedepan pihaknya akan melengkapi berkas dan melimpahkannya ke Pengadilan Tipikor Surabaya.

| Baca Juga:  Sehat, Kasek Terdakwa Pungli PPDB SMPN 2 Tulungagung Dilimpahkan ke Kejaksaan

“Kita punya waktu 20 hari sebelum dilimpahkan ke pengadilan tipikor Surabaya” ucapnya.

Rahmat menjelaskan, selain menerima pelimpahan tersangka dari pihak kepolisian, bersamaan dengan pelimpahan tersebut pihaknya juga menerima sejumlah barang bukti dari kepolisian diantaranya uang tunai, beberapa berkas dan screenshoot WA yang ada kaitannya dengan kasus tersebut.

Tersangka Eko terlihat beberapa kali tersenyum dan berpamitan kepada istrinya yang mengantar dan menunggu proses suaminya tersebut. Sebelum masuk ke dalam mobil, Eko sempat menunjukkan gestur dua tangan mengepal, gestur yang ingin menujukkan harus kuat menghadapi kenyataan.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma