Beranda Advetorial Kota Kediri Raih Penghargaan Terbaik Pembangunan Daerah di Jawa Timur

Kota Kediri Raih Penghargaan Terbaik Pembangunan Daerah di Jawa Timur

BERBAGI
Plh Walikota Kediri Budwi Sunu menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Penghargaan diberikan berkat prestasi Pemkot Kediri menekan kemiskinan dan memiliki program unggulan Prodamas. (foto: ist)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Kediri meraih Kota Terbaik I dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) di Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Plh Walikota Kediri Budwi Sunu dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (9/4/2019).

Penganugerahan penghargaan tersebut dilakukan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Jawa Timur tahun 2019-2024 dan RKPD Provinsi Jawa Timur tahun 2020 di Ballroom Grand City Convex Surabaya.

Plh Walikota Kediri Budwi Sunu mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Pemerintah Kota Kediri. “Alhamdulillah penghargaan ini patut kita syukuri karena ini merupakan kerja keras dari seluruh stake holder yang ada di Kota Kediri,” ujarnya usai menerima penghargaan.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi Atas Perubahan Anggaran 2020 Terkait Pandemi Covid-19

Menurut Budwi Sunu, penghargaan ini bisa diraih karena Kota Kediri bisa mencapai beberapa indikator. Diantaranya, pertumbuhan ekonomi yang meningkat, angka pengangguran yang rendah, IPM yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah.

Budwi Sunu menegaskan diterimanya penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Kediri untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. “Setelah menerima penghargaan ini kita tidak boleh lengah. Penghargaan ini tentunya menjadikan motivasi kita agar lebih baik lagi untuk masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) di jawa Timur menerapkan beberap aspek penilaian. Pertama, aspek hasil pembangunan daerah dengan bobot 40%.

| Baca Juga:  Wawali Buka Pengajian Akbar Dharma Wanita Kota Kediri

Untuk aspek ini Kota Kediri memiliki angka pertumbuhan ekonomi non industri rokok sebesar 7,02%, tingkat pengangguran terbuka rendah sebesar 3,63%, tingkat kemiskinan menurun dari 8,49% menjadi 7,68%, IPM sebesar 77,13 tertinggi nomor lima se-Jawa Timur, dan Indeks gini sebesar 0,4.

Kedua, kualitas perencanaan daerah dengan bobot 40% yang terdiri dari konsistensi dan kedalaman serta kualitas penyusunan. Di Kota Kediri RKPD telah disusun dengan baik. Ketiga, inovasi program dengan bobot 20%. Program yang disajikan adalah Prodamas. Dimana inovasi program ini bisa mensejahterakan masyarakat dan program ini menjadi percontohan nasional.(*)

Advetorial Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Kediri