Beranda Politik Masa Tenang Bawaslu Tulungagung Copot Ribuan APK

Masa Tenang Bawaslu Tulungagung Copot Ribuan APK

BERBAGI
ribuan APK yang dibredel petugas. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Memasuki masa tenang kampanye Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tulungagung melepas ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah wilayah Kabupaten Tulungagung.

Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun, pelepasan APK tersebut dilakukan Bawaslu dengan menggandeng pemerintah kabupaten Tulungagung. Kegiatan pelepasan ini dilakukan sejak Minggu (14/4/2019) dinihari hingga H-1 sebelum pemungutan suara.

“Penertiban APK yang belum diturunkan dilakukan sejak pukul 00.00 mulai Minggu 14 April ini hingga H min 1 sebelum pemungutan suara 17 April mendatang,” ujar Fayakun.

Fayakun menambahkan, kewenangan melepas APK diberikan kepada pengawas di semua tingkatan mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat TPS.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Kewenangan diberikan kepada semua pengawas di setiap tingkatan, mulai dari kecamatan hingga pengawas TPS untuk menertibkan APK di wilayahnya masing-masing,”ungkapnya.

| Baca Juga:  KPU Kota Kediri Sosialisasikan Pemilu Lewat Pagelaran Seni

Setelah dilepas, ribuan APK berbagai ukuran tersebut bakal didata sebagai bukti pelepasan yang telah dilakukan oleh pihak Bawaslu.

Sementara itu, PLT Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo mengatakan pemerrintah kabupaten juga memerintahkan Satpol PP Tulungagung untuk melakukan pelepasan APK sebagai wujud menjaga kondusifitas wilayah di Tulungagung.

“Tentu kita akan perintahkan Satpol PP untuk menertibkan APK sebagai wujud ikut serta menjaga kondusifitas pemilu tahun 2019 ini,”tegasnya.

APK yang ditertibkan adalah APK yang belum diturunkan oleh partai politik maupun timses pasangan calon.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here