Beranda Advetorial Ribuan Linmas Kota Kediri Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu

Ribuan Linmas Kota Kediri Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu

BERBAGI

AGTVnews.com – Sejumlah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Satpol PP Kota kediri dan KPU Kota Kediri menggelar simulasi pengamanan pemilu, di GOR Jayabaya Kota Kediri, Kamis (4/4/2019). Kegiatan ini melibatkan 2.376 orang dari unsur Satuan Perlindungan Masyarakat (LINMAS).

Simulasi pemantapan satlinmas ini dihadiri kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur dan juga Muspida Kota Kediri. Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Satpol PP Provinsi Jawa Timur ini.

Menurutnya persiapan Linmas sangat penting. Linmas merupakan lini pertama di masyarakat untuk mendeteksi dini adanya hal yang berindikasi kerusuhan.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Tinjau Bantuan Warga Kota Kediri di Kantor Dinas Sosial

“Linmas itu sangat penting, kita semua berharap pemilu di Kota Kediri dapat berjalan kondusif. Hal ini butuh kerja keras salah satunya dari unsur linmas yang ada setiap TPS nantinya,”ujarnya

|video rekomendasi untuk anda:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QOI1bY0pd8w?showinfo=0&w=480&h=270]

Sementara itu Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur, Gaguk Joko Santoso mengatakan, pemantapan dan simulasi pengamanan pemilu dilakukan disejumlah lokasi salah satunya Kota Kediri.

“Peran linmas sangatlah penting sebagai lini utama masyarakat. Simulasi ini sebagai antisipasi kerusuhan dengan melibatkan ribuan linmas di Kota Kediri,”paparnya.

Gaguk menambahkan simulasi tersebut penting untuk menentukan langkah yang diambil ketika terjadi hal yang rawan.

| Baca Juga:  Gelar Sidang Paripurna, Pemkot Kediri Akan Tata Perumahan Dengan Regulasi

“Jumlah linmas di Jawa Timur 282.672 anggota. Ini sudah cukup untuk mengcover tps di Jatim sekitar 130.000 lebih belum termasuk dpt tambahan. Untuk penjagaan dilakukan 2 anggota tiap tps. Nah kelebihan anggota bisa di tempatkan di pps kecamatan,”pungkasnya.

Simulasi gabungan ini terdiri dari unsur linmas, pemadam kebakaran, Satpol pp dan kepolisian. Kegiatan diawali dengan latihan kebakaran di tps, pihak damkar memberikan langkah yang tepat untuk memadamkan.

Kemudian di lanjutkan simulasi kerusuhan dan diakhiri dengan pembinaaan anggota satlinmas Kota Kediri oleh Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur.(*)

Advetorial Humas Pemkot Kediri