Beranda Politik Salah Data Salinan C1, KPU Tulungagung: Murni Human Error

Salah Data Salinan C1, KPU Tulungagung: Murni Human Error

BERBAGI
proses penghitungan suara. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Kejadian kesalahan penulisan peroleh suara partai, caleg maupun jumlah pemilih dan surat suara sah dan tidak sah dalam salinan C1 pada pemilu serentak 2019 ini banyak terjadi di sejumlah TPS.

Kesalahan tersebut bukanlah hal yang di sengaja, melainkan murni karena kesalahan ‘human error’. Pernyataan ini disampaikan Ketua KPU Tulungagung Mustofa.

Menurutnya, kesalahan ini terjadi karena petuga KPPS di masing masing TPS sudah lelah dan capek karena bertugas sejak pagi hari pada tanggal 17 April sampai dini hari tanggal 18 April.

“Memang ada beberapa kesalahan penulisan tapi bukan karena disengaja, lebih karena faktor kelelahan fisik petugas KPPS,” ujar Mustofa, Selasa (23/4/2019).

|video rekomendasi untuk anda:

 

Tidak hanya kelelahan petugas, melainkan kelelahan saksi dari partai ikut mempengaruhi adanya kesalahan yang terjadi.

Banyak saksi parpol yang tidak menyampaikan keberatannya saat mendapatkan berkas salinan dari petugas KPPS yang belum lengkap. Kondisi ini baru diketahui setelah koordinator saksi di masing-masing parpol melakukan rekap internal.

| Baca Juga:  KPU Kota Kediri Mulai Terima Surat Suara Pemilu

“Saksi itu juga lelah, buktinya saat salinan yang diberikan kurang, mereka diam saja bahkan langsung pulang. Baru besoknya datang dan minta lagi” tuturnya.

Adanya kondisi ini Mustofa meminta saksi parpol untuk menyelesaikan perbedaan hasil perhitungan pada rekap tingkat kecamatan. Rekap ini sudah mulai dilakukan sejak Sabtu (20/4/2019) yang lalu.

Dalam proses tersebut penyelenggara pemilu diantaranya PPS, PPK dan Panwascam bersama dengan saksi akan melakukan rekap berjenjang perolehan suara paslon, caleg maupun partai politik sebelum di rekap di tingkat kabupaten.

“Ini rekap sedang dalam proses di tingkat kecamata. Kesalahan bisa diselesaikan dalam tahapan tersebut. Kalau harus membuka C1 plano disilahkan untuk memastikan perolehan sebenarnya,” Pungkas Mustofa.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here