Beranda Politik Selisih Pemilih dan Surat Suara, Seluruh Kecamatan di Kediri Hitung Ulang

Selisih Pemilih dan Surat Suara, Seluruh Kecamatan di Kediri Hitung Ulang

BERBAGI
proses penghitungan surat suara.(foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri melakukan penghitungan ulang surat suara. Kondisi ini dikarenakan adanya selisih antara pemilih yang hadir dengan surat suara yang tercoblos.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Sa’idatul Ummah membenarkan adanya penghitungan ulang tersebut. Petugas membuka kotak suara kembali, dan melakukan pencocokan.

“Sudah ada 3 kecamatan yang selesai merekapitulasi. Temuan kami hampir di setiap kecamatan ada penghitungan ulang, karena ada selisih antara pemilih hadir dengan surat suara yang tercoblos. Banyak saksi yang keberatan sehingga kita harus hitung ulang. Jadi otomatis buka kotak suara,”jelasnya.

| Baca Juga:  Tumbang, Puluhan Petugas Penyelenggara Pemilu Dirawat di Rumah Sakit

Sa’idatul menambahkan, penghitungan ulang ini karena adanya ‘human error’kesalahan dalam penulisan. “Ini murni human error, hampir setiap kecamatan. Kesalahan yang terjadi, misalkan ada 168 pemilih tapi surat suara yang digunakan 171, berarti kan ada selisih 3,”pungkasnya.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Proses rekapitulasi yang dilakukan saat ini pada tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri, baru 3 kecamatan yang selesai proses rekapitulasinya. Sementara itu proses rekapitulasi ini akan digelar hingga Sabtu (27/4/2019) mendatang.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma