Beranda Advetorial Tekan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih TPID Kota Kediri Gelar Operasi...

Tekan Harga Bawang Merah dan Bawang Putih TPID Kota Kediri Gelar Operasi Pasar Murah

BERBAGI
OPM yang digelar oleh TPID untuk mengendalikan harga bbawwang merah dan bawwang putih yang terus merangkak naik.(foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Mengantisipasi semakin naiknya harga bawang merah dan bawang putih di Kota Kediri, Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri menggelar operasi Pasar Murah (OPM), Kamis (25/4/2019).

OPM ini diadakan di tiga tempat yakni area taman sekartaji, taman makam pahlawan dan stadion gadjah mada Kota Kediri. Kegiatan ini digelar dua hari dari tanggal 25 dan 26 April 2019.

Berdasarkan data patauan TPID selama satu minggu, harga bawang merah di pasar tradisional mencapai Rp 40 ribu perkilogram. Sementara harga bawang putih mencapai Rp 42 ribu perkilo nya.

Dalam OPM yang digelar, harga bawang merah dan bawang putih tersebut dijual setengah harga dari harga pasar. Bawang merah dijual Rp 27 ribu untuk tiap kilogram dan bawang putih Rp 12 ribu untuk tiap setengah kilogram.

| Baca Juga:  Kunjungi Kampung Jamu Walikota Kediri Berbaur Bersama Warga

|video rekomendasi untuk anda:

 

Menurut Kepala Bappeda Kota Kediri, Edi Darmasto stok untuk OPM diperoleh dari bantuan Disperindag Provinsi Jawa Timur dan juga dari petani binaan TPID.

“Stok yang ada sebanyak 1 ton bawang putih dan 1 ton bawang merah. Stok ini untuk pelaksanaan OPM 2 hari. Sebenarnya stok bawang merah di pasaran itu ada, tapi kita akan selidiki kenapa harganya mahal. sementara kalau bawang putih memang masih impor,” jelas Edi.

Selain menggelar OPM, TPID juga akan menyebar 4 ton bawang merah di 2 pasar tradisional yang ada di Kota Kediri. Hal ini sebagai upaya untuk menekan semakin tingginya harga bawang.

| Baca Juga:  Peringati Isra Mi'raj, Wakil Walikota Kediri Beri Tausiah

“Kita dapat jatah 5 ton, nantinya 1 ton untuk OPM, 4 ton akan kita sebar di pasar setono betek dan pasar pahing,” pungkasnya.

TPID akan tetap melakukan sidak harga di sejumlah pasar KOta Kediri menjelang ramadan, sekaligus untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil.(*)

Advetorial Humas dan Protokol Pemkot Kediri