Beranda Hukum Kriminal Terungkap, Kepala Budi Dipenggal Karena Tidak Muat dalam Koper

Terungkap, Kepala Budi Dipenggal Karena Tidak Muat dalam Koper

BERBAGI
salah satu adegan, pelaku Aziz yang menyabetkan parang dan mengenai leher korban. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Reka ulang kematian Budi Hartanto (28 tahun) warga Mojoroto Kota Kediri dilakukan di beberapa lokasi, Rabu (24/4/2019). Lokasi pertama reka ulang dilakukan di sanggar tari CK yang ada di wilayah GOR Jayabaya Kota Kediri.

Reka ulang kemudian dilanjutkan di warung milik salah satu pelaku, Aris Sugianto di Desa Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Di lokasi ini, pelaku memerankan 22 adegan.

Dalam reka ulang ini, diketahui Budi datang ke warung Aris dengan mengendarai sepeda motor scoopy miliknya. Motor tersebut langsung diparkir di dalam warung. Pada adegan ke 10 diketahui antara pelaku Aris Sugianto dan korban Budi Hartanto terjadi hubungan intim sesama jenis. Adegan ini terjadi di ruang belakang warung.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombbes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, reka ulang ini dilakukan untuk mencocokkan keterangan yang diberikan oleh pelaku.

|simak video berita terkait:

 

“Terjadi cekcok antara keduanya (pelaku dan korban) karena transaksional. Rupanya korban yang sudah melayani pelaku marah karena tidak diberi uang. Pelaku mengaku tidak memiliki uang,” jelas Barung.

Ditambahkan Barung, karena ada ribu-ribut, pelaku utama, Aziz Prakoso berusaha melerai. Namun Budi yang sudah marah, justru memukul Aziz dengan parang yang ada di meja.

| Baca Juga:  Ternyata, Wanita Tewas di Pasar Setono Betek Dibunuh Kekasihnya

“Aziz balas memukul korban, dan parang yang dipegang korban berhasil direbut. Aziz ini kemudian menyabetkan parang membabi buta dan melukai leher korban,” ucapnya.

Dalam kondisi sekarat, mulut korban disumpal oleh Aris. Aksi mutilasi dilakukan karena korban tidak muat masuk kedalam koper.

“Setelah korban sekarat, pelaku Aris ini pulang ke rumahnya dan mengambil koper. Namun karena korban tidak muat, akhirnya kepala korban dipenggal oleh Aziz, dan dibuang terpisah.

Ditambahkan Barung, dalam reka ulang ini petugas juga menyelidiki, apakah ada unsur perencanaan atau tidak. “Intinya ada di adegan 11,12,13 yakni proses pembunuhan Aziz yang dibantu Aris di warung korban. Kita masih terus mencocokan reka ulang dengan BAP,”pungkasnya.

Akan ada 38 adegan reka ulang yang dilakukan pelaku untuk empat lokasi yang berbeda. Diketahui kasus mayat dalam koper ini terjadi di dua lokus yang berbeda yakni Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar sebagai lokasi pembuangan.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here