Beranda Politik Tumbang, Puluhan Petugas Penyelenggara Pemilu Dirawat di Rumah Sakit

Tumbang, Puluhan Petugas Penyelenggara Pemilu Dirawat di Rumah Sakit

BERBAGI
salah satu petugas penyelenggara pemilu yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.(foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Puluhan petugas penyelenggara pemilu yang ada di Kabupaten Tulungagung tumbang dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Petugas yang terpaksa menjalani perawatan karena sakit diantaranya petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) dan Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Ketua KPU Tulungagung Mustofa, pihaknya telah mendapatkan instruksi dari KPU Provinsi untuk melakukan pendataan, anggota PPS dan KPPS yang harus menjalani rawat inap maupun rawat jalan usai pemilu kemarin.

Hasilnya puluhan PPS dan KPPS harus menjalani perawatan, namun saat ini tinggal 7 yang masih dirawat di Rumah Sakit.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Ada 3 orang di RSU, kemudian sisanya di RS swasta dan puskesmas juga ada, ini sudah kita data,” ujar Mustofa, Senin (22/4/2019).

Mereka rata-rata mengalami kelelahan usai melaksanakan proses pungut hitung pada tanggal 17 April yang lalu. Dengan kondisi seperti itu maka otomatis penyakit bawaan yang sebelumnya pernah ada mulai kambuh lagi.

Mustofa menambahkan beberapa KPPS ada yang mengalami maag kronis, kemudian typus, darah tinggi dan penderita diabetes.

“Jadi karena lelah itu, penyakit bawaan mereka ini muncul satu persatu sehingga ada yang kena maag kronis, kemudian Typus dan lain-lain,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Jangan Asal Copot Baliho Caleg, Bisa Dipidana

Setelah melakukan pendataan, pihaknya juga mengunjungi mereka yang masih di rawat dan memberikan perhatian dengan harapan agar yang bersangkutan bisa pulih dan bisa beraktifitas seperti sedia kala.

Kendati banyak penyelenggara pemilu yang harus dirawat jalan dan rawat inap, namun KPU Tulungagung memastikan tidak ada penyelenggara pemilu di Tulungagung yang sampai meninggal dunia karena kelelahan.

“Alhamdulillah tidak ada yang sampai meninggal dunia, sebab ada kasus di beberapa daerah yang sampai meninggal dunia,” pungkasnya.

Saat ini tahapan pemilu di Tulungagung sudah memasuki rekapitulasi peroleh suara tingkat kecamatan. Sejumlah pihak diantaranya PPS, Penyelenggara Pemilu Kecamatan (PPK), bersama dengan Panwascam dan saksi parpol melakukan rekap bersama guna memastikan tidak ada kesalahan pencatatan peroleh suara di tingkat TPS.

Diketahui para petugas penyelenggara pemilu bekerja dari pagi hingga menjelang pagi. Banyaknya surat suara dalam pemilu serentak kali ini memaksa mereka untuk terus menyelesaikan tugas. KOndisi ini menjadikan mereka kelelahan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit maupun puskesmas.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here