Beranda Peristiwa Buronan Lapas Tulungagung Tertangkap Saat Mencopet di Sidoarjo

Buronan Lapas Tulungagung Tertangkap Saat Mencopet di Sidoarjo

BERBAGI
Petugas Lapas Kelas IIB Tulungagung menunjukkan foto identitas Heri Siswanto yang berhasil kabur. Heri akhirnya tertangkap massa usai gagal mencopet di Sidoarjo. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Petualangan Heri Siswanto kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tulungagung berakhir tragis. Dua bulan berhasil menghirup udara bebas, warga Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri ini justru tertangkap massa saat mencopet di daerah Sidoarjo.

Kasi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja Lapas kelas IIB Tulungagung, Dedi Nugroho membenarkan kabar penangkapan napi yang kabur tersebut. Menurut Dedi, aat ini yang bersangkutan masih ditahan di Polresta Sidoarjo.

“Sudah diamankan di Polresta Sidoarjo dan saat ini masih ditahan disana, kita tahunya setelah Polsek Kedungwaru mendapatkan informasi dari Polresta Sidoarjo,” ujarnya kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

|simak video berita terkait:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=dv_oPoqsbuM?showinfo=0&w=480&h=270]

Dedi menjelaskan, menurut keterangan anggota polisi setempat, Heri nekat melakukan aksinya ketika melihat korban, Lidya warga Sidoarjo lengah dan meletakkan dompet di dashboard sepeda motornya.

| Baca Juga:  Napi Korupsi Tidak Dapat Remisi Idul Fitri

Heri yang mengikuti korban menggunakan sepeda motor, beraksi dengan mengambil dompet tersebut namun aksinya gagal dan Heri sempat dihajar oleh massa yang ada di lokasi sebelum diserahkan kepada pihak kepolisian.

Kita tahunya setelah Polsek Kedungwaru menerima informasi penangkapan, kemudian kita lakukan croscek ternyata benar,” ungkapnya.

Selain harus menyelesaikan kasus pencurian yang dilakukannya di Sidoarjo, Heri juga harus bersiap menjalani pembuktian dugaan kasus lain yang dilakukannya usai kabur dari Lapas Kelas IIB Tulungagung pada 11 Maret 2019 lalu.

Sebab menurut Dedi, pada jam yang sama saat Heri kabur, ada laporan dari masyarakat sekitar lapas kepada pihak kepolisian tentang hilangnya sepeda motor milik warga yang diparkir di halaman rumahnya.

| Baca Juga:  Dapat Remisi, 11 Napi Ini Langsung Bebas

Diduga Heri sengaja mengambil sepeda motor tersebut untuk melarikan diri, mengingat ciri ciri pelaku yang diketahui oleh saksi, mirip dengan Heri.

“Dugaan sementara usai kabur dari lapas ini juga sempat melakukan aksi pencurian di sekitar lapas di Kecamatan Kedungwaru, tapi ini masih didalami,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Heri merupakan narapidana kasus pencurian dengan masa hukuman 2 tahun 8 bulan penjara. Sebelumnya yang bersangkutan ditahan di Lapas Kediri, kemudian dipindah ke Tulungagung. Baru 4 bulan menjalani hukuman di Lapas kelas IIB Tulungagung, Heri nekat kabur dengan memanjat dinding depan lapas.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Linda Kusuma