Beranda Pemerintahan Ikut Pilkades Serentak, Kades Aktif di Tulungagung Harus Mengundurkan Diri

Ikut Pilkades Serentak, Kades Aktif di Tulungagung Harus Mengundurkan Diri

BERBAGI
Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Tulungagung, Usmalik.(foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Tulungagung kembali akan menggelar pesta demokrasi pada tahun ini. 239 desa se- Kabupaten Tulungagung, akan bersiap mengadakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Tulungagung akan melaksanakan pilkades serentak pada 09 Juli mendatang. Saat ini tahapan yang berlangsung adalah persiapan di masing-masing desa. Setelah itu akan dibuka pendaftaran bagi calon peserta pilkades serentak.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Tulungagung, Usmalik pemilihan tanggal 09 Juli merupakan kesepakatan bersama antara pemkab dengan Asosiasi Kepala Desa (AKD) yang ada di Tulungagung.

“Insya Allah kita gelar tanggal 09 Juli nanti” ungkapnya, Jumat (10/5/2019).

| Baca Juga:  Pilkades Serentak Blitar, Kedua Istri Wabup Ikut Maju Nyalon

|simak video berita terkait:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=wK1yo3o6REE?showinfo=0&w=480&h=270]

Usmalik mengakui dari 239 desa yang mengikuti pilkades serentak tahun ini, sebagian besar merupakan desa yang masa jabatan pejabat kepala desanya berakhir sejak sebelum 09 Juli atau bahkan sejak tahun kemarin.

“Yang habis bulan Juni ini ada 179 desa, sisanya sudah habis di tahun kemarin maupun bulan Desember dan September nant,” ujarnya.

Sedangkan untuk pejabat kepala desa yang masa jabatannya berakhir setelah bulan Juli dan ingin mengikuti pilkades serentak, maka mereka harus mengajukan pengunduran diri di sisa masa jabatan yang ada. Hal ini sesuai aturan yang berlaku. Tidak boleh ada masa jabatan kepala desa yang dipangkas atau dipotong karena pilkades serentak.

| Baca Juga:  Pilkades Serentak, Polres Tulungagung Bentuk Satgas Anti Botoh

“Sesuai kesepakatan dan mereka juga sepakat, maka mereka akan mengajukan pengunduran diri” Pungkasnya.

Selanjutnya pemkab akan menunjuk PNS di lingkup pemkab Tulungagung untuk menjadi Pejabat (Pj) guna mengisi kekosongan kepala desa yang sudah habis masa jabatannya maupun yang mengajukan pengunduran diri.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma