Beranda Pendidikan KPK Awasi PPDB SMA/SMK Tahun Ajaran 2019/2020

KPK Awasi PPDB SMA/SMK Tahun Ajaran 2019/2020

BERBAGI
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Tulungagung, Solikin. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA / SMK tahun ini bakal berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menggandeng Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) untuk memantau transapransi penerimaan peserta didik tersebut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Tulungagung, Solikin mengatakan, hal ini adalah langkah maju untuk memastikan tidak ada titipan peserta didik dalam PPDB tingkat SMA / SMK.

“Tahun ini kita sudah bekerja sama dengan KPK dalam hal penerimaan peserta didik baru,” ujarnya, Senin (20/5/2019).

Solikin menegaskan, bagi pihak yang ingin menitipkan peserta didik, dipersilahkan menitipkannya kepada KPK. Dengan adanya kerjasama ini, maka KPK memiliki akses untuk melihat proses penerimaan peserta didik baru di SMA /SMK negeri yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

| Baca Juga:  KPK Kembali Memeriksa 7 Saksi Terkait Dugaan Suap APBD

|video rekomendasi untuk anda:

 
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=-UUBEavZlQU?showinfo=0&w=480&h=270]

KPK tidak hanya mengawasi masalah penerimaan siswa didik baru saja, namun juga pagu penerimaan siswa di masing-masing sekolah, termasuk syarat prestasi yang harus disertakan oleh siswa beprestasi yang mengikuti PPDB.

“Hal tersebut juga diawasi KPK, caranya ya server semua bisa dilihat oleh KPK. Ndak ada yang bisa macam- macam sekarang, termasuk penyelenggara PPDBnya juga,” pungkasnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan , tahapan PPDB SMA / SMK mulai dilaksanakan pada Senin (27/5/2019) dengan agenda Pengambilan PIN pendaftaran Online dan tes kesehatan bagi peserta PPDB di masing-masing sekolah.

| Baca Juga:  KPK Geledah Kamar Pribadi Samanhudi

Tahapan pengambilan PIN dan tes kesehatan ini dijadwalkan hingga 11 Juni mendatang. Selanjutnya disusul dengan tahapan pendaftaran jalur prestasi, Perpindahan tugas Orang tua (ASN), Inklusi dan Keluarga yang tidak mampu pada 11 Juni – 13 Juni. Sedangkan pendaftaran PPDB jalur Zonasi mulai dilaksanakan pada 17 – 20 Juni mendatang.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma