Beranda Advetorial KPU Blitar Sosialisasikan Penghitungan Sainte Lague Pemilu 2019

KPU Blitar Sosialisasikan Penghitungan Sainte Lague Pemilu 2019

BERBAGI
Sosialisasi Penghitungan "Sainte Lague" Pemilu 2019. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar mensosialisasikan konversi perolehan suara ke jumlah kursi dengan metode Sainte Lague, Senin (27/5/2019) sore.

Ketua KPU Blitar, Imron Nafifah mengatakan proses penghitungan yang dilakukan berbeda dari sebelumnya.

“Di Pemilu 2019 ini untuk penghitunganya kita menggunakan metode Sainte Lague. Hari ini metode tersebut kami sosialisaikan,” ungkap Imron Nafifah.

Pada pemilu-pemilu sebelumnya metode yang digunakan adalah kuota hare atau bilangan pembagi pemilih (BPP). Perolehan kursi parpol pada Pemilu 2019, mengabaikan metode bilangan pembagi pemilih (BPP). Tapi, menggunakan metode Sainte Lague atau bilangan pembagi tetap.

| Baca Juga:  Dukung Usaha Peternakan, Pemkab Blitar Gelar Audiensi Antara Peternak Dan Perguruan Tinggi

“Karena metode baru, sehingga KPU perlu mensosialisasikan kepada partai-partai politik peserta Pemilu. Jadi jumlah suara sah dari semua caleg dalam satu Parpol digabung jadi satu menjadi suara sah partai itu. Kemudian dibagi angka 1,3,5,7 dari hasil pembagian itu dilakukan proses rangking dari jumlah hasil tersebut,” jelas Imron Nafifah.

Tahapan ini dilakukan setelah KPU melakukan rekapitulasi atau penghitungan suara sah Parpol. Setelah penghitungan kemudian KPU mengkonversi dengan metode Sainte Lague.

“Selanjutnya KPU akan menetapkan perolehan kursi masing-masing Parpol kemudian baru akan ditetapkan Caleg terpilih,” paparnya.

| Baca Juga:  Pemkab Blitar Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Blitar Proteksi Jaminan Keselamatan Kerja Non ASN

Selain Parpol peserta Pemilu 2019, sosialisasi ini juga dihadiri OPD Pemkab Blitar terkait, yang tergabung dalam tim fasilitasi Pemilu 2019, Bawaslu, dan perwakilan Forkopimda. (Kmf)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here