Beranda Wisata Hiburan Wayang Potehi, Kesenian Khas Tionghoa Yang Mulai Tergilas Jaman

Wayang Potehi, Kesenian Khas Tionghoa Yang Mulai Tergilas Jaman

BERBAGI
pertujjukan wwayang potehi di Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri.(foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Kesenian wayang Potehi, merupakan kesenian khas Thionghoa. Dalam kesenian ini seringkali dituturkan kisah dinasti dari tanah tiongkok. Namun sayang karena kemajuan jaman, warga yang mendatangi pementasan potehi ini semakin jarang.

Wayang potehi ini dulunya sering digunakan sebagai tontonan hiburan masyarakat dan juga untuk kegiatan ibadah. Pada bulan ini hingga 29 Mei 2019 mendatang, Klenteng Tjoe Hwie Kiong menggelar pertunjukan waang potehi. Meski ini kegiatan tahunan, namun sayang tidak banyak warga yang datang melihat.

Pagelaran wayang potehi ini diadakan setiap hari dalam 2 sesi. Sesi pertama pada pukul 3 sore dan sesi 2 pada pukul 7 malam.

Menurut dalang wayang potehi, Widodo Santoso, kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor yang membuat kesenian tersebut mulai jarang diminati generasi muda.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Wayang potehi ini berasal dari suku hokian yang menceritakan sejarah berbagai dinasti. Sekarang potehi berkembang secara cerita, baik membawakan sejarah kemerdekaan atau kontempores lainnya,” jelasnya.

Laki-laki yang menjadi dalang potehi sejak tahun 1993 tersebut menambahkan, tidak adanya minat dari generasi muda terhadap kesenian ini, menjadikan potehi semakin hilang tergerus jaman.

“Kalau tidak salah di Jawa Timur sekarang cuma ada 3, di Jombang, Tulungagung dan Surabaya. Sekarang cari anak muda yang suka itu susah, untuk jadi penerus wayang potehi ini,” keluhnya.

Sementara untuk tarif pementasan wayang potehi nominalnya beragam. Untuk tarif pementasan kegiatan ibadah, berkisar antara Rp 800 ribu perhari. Sedangkan untuk hiburan antara Rp 4 juta hingga 15 juta rupiah.

Ada dua cerita wayang potehi yang dibawakan kali ini, yakni Cin Thun Liok Kok dan Kwee Tjoe Gie.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here