Beranda Hukum Kriminal 9 Orang Tewas Selama Arus Mudik di Tulungagung

9 Orang Tewas Selama Arus Mudik di Tulungagung

BERBAGI

AGTVnews.com – Selama arus mudik dan balik libur lebaran 2019 di Tulungagung tercatat 9 orang meninggal dunia akibat kecelakaan. Jumlah tersebut meningkat cukup signifikan dibanding momen yang sama tahun 2018 silam.

Kanit Laka Lantas Polres Tulungagung, Iptu Diyon Fitriyanto mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki oleh Satlantas Polres Tulungagung pada Operasi ketupat semeru tahun 2019 terdapat 12 kasus kecelakaan, dengan jumlah korban tewas 9 orang dan 13 lainnya mengalami luka ringan.

“Angka kecelakaan turun dibandingkan tahun sebelumnya, namun jumlah korban yang meninggal dunianya meningkat cukup signifikan,” ujar Diyon, Sabtu (15/6/2019). Pada momentum yang sama tahun 2018 lalu ada 21 kejadian kecelakaan dengan 6 orang meninggal dunia dan 36 luka ringan,

Turunnya jumlah angka kecelakaan pada operasi ketupat tahun ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kedewasaan pengendara sepeda motor saat berkendara sehingga faktor kecelakaan karena human error bisa diminimalkan.

| Baca Juga:  Mobil PMK Terbalik Saat Perjalanan ke Lokasi Kebakaran

Selain itu semakin giatnya unit Dikyasa Satlantas Polres Tulungagung dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat juga perlu diapresiasi sehingga bisa memberikan pemahaman berkendara yang aman saat di jalan raya.

Sementara itu saat disinggung mengenai peningkatan jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia pada operasi ketupat tahun ini, Diyon mengakui hal ini tidak terlepas dari agresifnya pengguna sepeda motor saat berkendara.

Oleh sebab itu pihaknya menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati saat dijalan dan tetap mentaati peraturan yang berlaku, serta menggunakan perlengkapan keselamatan sesuai ketentuan.

“walau operasi ketupat sudah berakhir, tapi keselamatan dan ketertiban dalam berkendara harus tetap diperhatikan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here