Beranda Pemerintahan Banyak Peminat, 5 Bakal Cakades di Tulungagung Ikuti Seleksi Awal

Banyak Peminat, 5 Bakal Cakades di Tulungagung Ikuti Seleksi Awal

BERBAGI
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Tulungagung, Usmalik . (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Sebanyak 239 desa di Kabupaten Tulungagung akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun 2019 ini. Hal ini menarik minat sejumlah masyarakat untuk mendaftar sebagai bakal calon kepala desa. Bahkan beberapa desa memiliki bakal calon (bacalon) lebih dari 5 pendaftar.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Pemkab Tulungagung, Usmalik membenarkan hal ini. Berdasarkan data yang dimilikinya terdapat 5 desa yang harus menyelenggarakan tes seleksi bagi bakal calon kades karena dalam pendaftarannya diikuti lebih dari 5 orang pendaftar.

“Syaratnya itu sesuai peraturan perundang-undangan. Kan maksimal 5 orang pendaftar, jadi kalau sampai ada lebih dari 5, maka kita lakukan tes seleksi,” ujar Usmalik, Kamis (13/6/2019)

Usmalik menambahkan, tes seleksi yang dimaksud adalah tes tulis. Tes ini akan diadakan pada 27 Juni mendatang. Dari tes ini nantinya akan diumumkan 5 calon kades yang lolos untuk bisa mengikuti pilkades di masing masing desa.

| Baca Juga:  Baut Bekas Sarana Olahraga di Aloon-Aloon Tulungagung, Bahayakan Pengunjung

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Kita agendakan untuk tes seleksi pada 27 Juni mendatang. Teknis sedang kita bahas,” ucap Usmalik.

Ditambahkan Usmalik, dari 239 desa yang mengikuti pilkades tahun 2019 ini, 192 desa diantaranya saat ini dipimpin oleh Pejabat (Pj) yang ditunjuk oleh pemerintah. Kondisi ini karena pejabat kepala desa sebelumnya tidak bisa melanjutkan memimpin pemerintah desa.

Sementara itu beberapa desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang yakni, desa Jengglungharjo Kecamatan Tanggunggunung ada 7 pendaftar, di Desa Panjerrejo terdapat 9 orang pendaftar.

Sementara di desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan terdapat 7 orang pendaftar, kemudian 8 orang pendaftar di desa Pinggirsari Kecamatan Ngantru serta 11 pendaftar di desa Tanjungsari kecamatan Karangrejo.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here