Beranda Advetorial Bupati Blitar Hadir dalam Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto

Bupati Blitar Hadir dalam Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto

BERBAGI
Bupati Blitar Rijanto menyempatkan ikut mengamati Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Bupati Blitar, Rijanto, menghadiri rukyatul hilal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar untuk menentukan jatuhnya 1 Syawal 1440 Hijriyah, di Bukit Banjarsari Desa/Kecamatan Wonotirto, Senin (3/6/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Rijanto mengatakan, sebelumnya rukyatul hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu sejak pertama kali digelar, tercatat Hilal hanya terlihat satu kali.

“Sebelumnya dulu sejak jaman Bupati Muhadi sampai saya jadi bupati tercatat Hilal hanya sekali terlihat di Pantai Serang,” ungkap Rijanto.

Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan rukyatul hilal dipindah dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari.

| Baca Juga:  Buka Workshop dan Lokakarya Bupati Ajak Masyarakat Pintar Hadapi Era Digital

“Atas beberapa pertimbangan akhirnya diputuskan digeser dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari. Saat penentuan 1 Ramadhan lalu Alhamdulillah Hilal dapat terlihat dari Bukit Banjarsari. Dan semoga hari ini juga membuahkan hasil,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan tidak menutup kemungkinan Bukit Banjarsari dalam perkembanganya akan menjadi objek wisata religi.

“Bukit Banjarsari ini posisinya bagus, udaranya sejuk sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan akan menjadi objek wisata religi,” imbuhnya.

Sementara pada sore itu Hilal tak terlihat dari Bukit Banjarsari. Saiful Ali anggota Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Blitar mengatakan posisi Hilal masih di bawah ufuk.

“Saat ini tinggi hilal -0°26. Sementara Hilal tenggelam pukul 17.20 WIB. Padahal matahari tenggelam pukul 17.22 nah ini tidak mungkin di rukyat karena Hilal sudah tenggelam matahari masih nampak,” ungkap Saiful Ali.

| Baca Juga:  Koordinasi Lintas Sektor Program Germas, Wujudkan Perbaikan Kualitas Hidup di Kabupaten Blitar

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan Bukit Banjarsari merupakan salah satu dari 150 titik di Indonesia yang digunakan untuk melihat Hilal. Sebagai referensi sidang Isbat Kementrian Agama RI.

“Hasil ini akan langsung kami laporkan ke Kemenag RI sebagai referensi sidang Isbat karena Bukit Banjarsari Kabupaten Blitar ini merupakan satu dari 150 titik di seluruh Indonesia yang digunakan untuk lokasi Rukyatul Hilal,” terang Suhadi. (Kmf)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar