Beranda Peristiwa Jamaah Mudhor Tulungagung Gelar Salat Id Hari Ini

Jamaah Mudhor Tulungagung Gelar Salat Id Hari Ini

BERBAGI
Jamaah Mudhor di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Tulungagung menggelar salat Id berjamaah. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Puluhan jamaah Mudhor di desa Wates Kecamatan Sumbergempol Tulungagung menggelar salat Id berjamaah, Senin (3/6/2019). Salat Id ini dilakukan karena berdasarkan perhitungan atau hisab yang dilakukan oleh pimpinan jamaah, 1 syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari ini.

Meski melaksanakan salat Id lebih dahulu, namun jumlah puasa yang dijalankan tetap 30 hari. Jamaah ini menjalankan puasa 1 ramadan 2 hari lebih awal dari penetapan pemerintah.

Pimpinan jamaah, Sayid Hamid Al Mudhor mengatakan perbedaan penentuan 1 syawal antara pemerintah dan hasil perhitungan yang dilakukan olehnya bukan sesuatu yang perlu diperdebatkan. Hal ini justru sebagai wujud keragaman dalam beragama.

“Inilah wujud keberagaman dalam beragama, bukan berarti saya tidak menghormati pemerintah. Coba bisa dilihat disana-sini ada lambang pancasila dan bendera merah putih. Ini memang sudah dilakukan sejak jaman abah (ayah),” ujarnya.

| Baca Juga:  Ribuan Warga Antri Sedekah PT Gudang Garam

|video rekomendasi untuk anda:

 

Sayid Hamid menambahkan tidak ingin perbedaan seperti ini menjadi perpecahan dan bahan untuk perdebatan. Dirinya bahkan memberikan kebebasan atau pilihan kepada santri yang mondok ditempatnya untuk memilih mengikuti penetapan 1 syawal pemerintah atau berdasarkan penghitungannya.

“Jangan sampai kalau setelah diberitakan malah menjadi perpecahan, fitnah dan lain-lain. Sekarang bisa dilihat ada santri yang ikut ada yang tidak. Saya tidak mewajibkan, mau ikut yang silahkan mau nggak ya ndak papa,” tuturnya.

Menurut Sayid salah satu wujud toleransi lain yang ditunjukkanya adalah dengan tidak mengumandangkan takbir sebelum salat Id menggunakan loud speaker. Bahkan malam sebelumnya masjid yang hari ini digunakan untuk salat Id berjamaah juga masih dimanfaatkan oleh warga lain menjalankan sholat tarawih seperti biasa.

| Baca Juga:  Ajib! THR PNS di Tulungagung Senilai Rp 49 Miliar

Yo ndak pake sound system. Kita menghormati yang masih puasa,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan awak media, usai melaksanakan salat Id berjamaah, sejumlah jamaah saling bersalaman dan bermaaf-maafan, kemudian dilanjutkan dengan ziarah kubur ke makam leluhur yang letaknya tidak jauh dari lokasi masjid.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here