Beranda Pemerintahan Lakukan Sidak, Pemkab Tulungagung Tidak Temukan ASN Bolos

Lakukan Sidak, Pemkab Tulungagung Tidak Temukan ASN Bolos

BERBAGI
sidak kedisiplinan ASN yang dilakukan oleh Pemkab Tulungagung. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Hari pertama masuk, pasca libur Idulfitri 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung melakukan inspeksi mendadak (sidak). Sidak kedisiplinan ini dilakukan oleh 6 tim bentukan pemkab di sejumlah OPD dan kantor kecamatan.

Dalam salah satu tim sidak, Sekda bersama dengan Kepala BKD, Kabag Organisasi dan anggota Satpol PP Tulungagung memeriksa keberadaan PNS di masing-masing ruangannya. Satu persatu ruangan di Kantor Bappeda, BPKAD dan Kantor PUPR diperiksa.

Sekretaris Daerah Pemkab Tulungagung, Indra Fauzi mengatakan sidak kedisiplinan PNS tetap dilakukan kendati pemkab telah menerapkan sistem absensi finger print. Sebab sidak seperti ini telah diperintahkan oleh pemerintah pusat.

“Tujuannya ya ini karena perintah dari pemerintah pusat, untuk melakukan sidak kedisiplinan PNS. Makanya ini kita lakukan sidak semacam ini,” ujarnya.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Menurut Indra, dari hasil sidak memang ditemukan beberapa PNS, termasuk sejumlah kabid di Dinas PUPR yang tidak berada di dalam kantornya. Namun mereka beralasan meninggalkan kantor karena perihal yang penting dan mendesak, maka pihaknya menganggapnya sebagai sebuah kewajaran.

“Tadi alasannya takziah. Kalau alasannya manusiawi ya kita bisa terima, tapi kalau mau memperpanjang cuti usai libur lebaran nah itu yang tidak boleh,” terangnya.

Indra menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan sanksi jika ditemukan PNS yang memberikan alasan yang mengada-ada sehingga tidak masuk kerja pada hari pertama usai liburan ini.

Tidak hanya sanksi tertulis maupun lisan namun sampai pemotongan tunjangan kinerja bagi PNS yang ketahuan membolos. Ketidakhadiran PNS merupakan salah satu item yang diperhitungkan dalam tunjangan kinerja yang sudah diberikan pemkab untuk PNS setiap bulannya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here