Beranda Ekonomi Bisnis Susah Cari Sabun Yang Cocok, Ibu di Kediri Ciptakan Sabun Berbahan Dasar...

Susah Cari Sabun Yang Cocok, Ibu di Kediri Ciptakan Sabun Berbahan Dasar Alami

BERBAGI
Novitarini dan produk sabun hasil buatannya. (foto: wiji Guntoro)

AGTVnews.com – Kesulitan mendapatkan sabun untuk kulitnya, seorang ibu di Kediri justru mampu menciptakan sabun sendiri dan laris dipasaran.  Novitarini (35 tahun), warga Desa Tugurejo Kabupaten Kediri membuat produk sabun olahan sendiri dengan bahan utama dari madu.

Usaha tersebut berawal saat Novita, mencari produk sabun yang cocok untuk kulitnya yang sensitif. Namun dirinya tidak menemukan.

Novita mengatakan mempelajari cara pembuatan sabun alami melalui media sosial dan internet, hingga akhirnya menemukan inovasi sabun dari madu.

“Ide ini berawal karena saya yang memiliki kulit sensitif yang tidak bisa memakai produk lain, seperti krim yang ada bahan kimianya. Saya tidak bisa, makanya mencari tahu bahan yang bagus,” katanya.

| Baca Juga:  Sulap Kaleng Cat Jadi Kursi Antik Pemuda Kediri Ini Kantongi Puluhan Juta Perbulan

|video rekomendasi untuk anda:

 

Bahan campuran yang digunakan pun dari bahan alami yakni minyak kelapa dan alkali yang kemudian di masak. Dalam satu bulan Novita dapat memproduksi 30 kilogram sabun. Kini Novita mengembangkan sabun buatannya tidak hanya dari madu namun juga dari bahan susu ettawa dan kopi.

“Pasarnya hanya melalui media sosial. Sekarang kita juga sudah bermitra dengan beberapa perkebunan dan peternakan,” imbuh Novita.

Saat ini usaha Novita bekerja sama dengan peternakan lebah madu Sumber Podang Kabupaten Kediri, kebun kopi Karanganyar Blitar dan peternakan kambing ettawa Desa Medowo Kabupaten Kediri.

| Baca Juga:  Iseng Unggah Kostum Robot Pemuda Asal Tulungagung Kebanjiran Orderan

“Sering produk saya di bawa pameran sama Pemkab Kediri. Sampai sekarang yang paling laku banyak yang sabun madu, kalau harganya bervariasi mulai dari Rp 10 ribu,”tutupnya.

Seiring banyaknya pesanan, Novita mulai mempekerjakan sejumlah ibu-ibu di sekitarnya. Ada 8 orang yang saat ini membantu untuk pembuatan sabun alami tersebut.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here