Beranda Pemerintahan Tes Tambahan Bakal Calon Kades di Tulungagung digelar Tertutup

Tes Tambahan Bakal Calon Kades di Tulungagung digelar Tertutup

BERBAGI
sejumlah bakal calon Kades yang ikut tes tulis tambahan. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung telah melakukan sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak, 9 Juli 2019 mendatang. Salah satunya dengan menggelar tes tambahan berupa ujian tertulis untuk bakal calon kades lebih dari 5, di desa yang diikuti.

Tes tulis tambahan ini digelar secara tertutup. Diikuti 37 bakal calon kades dari 5 desa di 4 kecamatan Kabupaten Tulungagung.

Kasubbag Aparatur Pemerintahan Desa Pemkab Tulungagung, Yudi Irwanto mengatakan dalam tes yang berlangsung tertutup tersebut peserta dihadapkan pada 100 soal ujian yang terdiri dari soal Matematika, Bahasa Indonesia, UUD45 dan pengetahuan umum.

| Baca Juga:  2 Istri Wabup Blitar Menangkan Pilkades Serentak

Guna memastikan netralitasnya, panitia sengaja membuat soal tersebut pada malam sebelumnya kemudian langsung diujikan pada Jumat siang.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Kita buat soalnya Kamis malam (27/6/2019),kemudian langsung kita ujikan pada keesokan harinya,” terang Yudi, Sabtu (29/6/2019).

Selanjutnya menurut Yudi, panitia bakal langsung mengoreksi dan memberikan nilai pada soal-soal yang dikerjakan oleh peserta dan hasilnya langsung diumumkan.

Hasil tes tersebut akan digabungkan dengan hasil seleksi Subyektif seperti tingkat pendidikan, usia, pengalaman yang bersangkutan. Sedangkan hasil tes tulis masuk dalam kategori tes obyektif.

| Baca Juga:  Pemkab Tulungagung Akan Gelar Pilkades Serentak 2019

“Jadi nilainya nanti akan langsung kita gabung dan kita rangking” pungkasnya.

Yudi menjelaskan, bagi peserta yang tidak terima hasil tes ini bisa secara peraturan mengajukan gugatan sesuai dengan aturan yang berlaku.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma