Beranda Advetorial 3000 Pembarong Nusantara Tutup Pekan Budaya Kabupaten Kediri

3000 Pembarong Nusantara Tutup Pekan Budaya Kabupaten Kediri

BERBAGI
ribuan pembarong Nusantara ikut meramaikan tari kolosal 1000 barong di SLG Gumul. (foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Menutup rangkaian pekan budaya dan pariwisata Kabupaten Kediri 2019, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar tari kolosal 1000 barong. Tari kolosal ini digelar kawasan monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Sabtu (13/7/2019).

Ribuan pembarong yang meramaikan tari kolosal ini berasal dari berbagai kota se- Indonesia. Beberapa daerah tersebut diantaranya Bontang, Medan, Ambon, Palangkaraya, Jakarta, Jawa Barat, Bengkulu, Denpasar.

Hari Pratondo, Ketua paguyuban seni jaranan (pasjar) Kabupaten Kediri mengatakan, tarian yang digunakan berjudul tari panji. Tarian ini berbeda dari pagelaran tahun sebelumnya.

“Kalau dari tahun kemarin pasti berbeda, tahun ini bercerita tentang kembali ke Kediri. Kita kenalkan juga budaya khas yang ada hanya di Kediri,” ungkapnya.

|video rekomndasi untuk anda:

 

Ketua Pasjar menambahkan, Pasjar membatasi pendaftaran pembarong yang ikut serta lantaran jumlahnya membludak dari perkiraan.

“Antusiasnya luar biasa, terpaksa kita batasi pendaftarnya. Ini saja hampir mencapai 4000 pembarong. Hal ini berarti pecinta seni khas Kediri terus bertambah dari generasi muda,”tuturnya.

| Baca Juga:  Promosikan Wisata, Pemkab Kediri Gelar Pekan Budaya dan Pariwisata 2019

Sementara itu, wakil Bupati Kediri Masykuri yang menutup pekan budaya dan pariwisata 2019, ikut serta membawa barongan serta menarikan tarian panji bersama forkopimda.

“Saya berharap kesenian asli Kediri tetap lestari dan masyarakat Indonesia mengenalnya,” ucapnya.

Selain tari kolosal 1000 barong, juga di tampilkan tari tiban. Tari tiban ini baru ada di tahun ini. Tari tiban merupakan tarian warisan bertujuan untuk meminta hujan.

Para penari tiban akan saling cambuk menggunakan pecut yang terbuat dari lidi. Pada dulunya menggunakan batang pohon salak.

“Pemerintah Kabupaten Kediri berharap dengan penampilan berbagai kesenian ini mampu meningkatkan potensi pariwisata, sehingga banyak wisatawan yang datang ke Kediri. Dengan demikian perekonomian masyarakat bisa terangkat dari desa-desa,” pungkas wakil bupati.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here