Beranda Advetorial Dinas Peternakan Blitar Mulai Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban

Dinas Peternakan Blitar Mulai Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban

BERBAGI
hewan ternak yang telah diperiksa mendapatkan tanda layak sebagai hewan kurban. (foto;ana alana)

AGTVnews.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan di beberapa pasar hewan diantaranya Srengat, Wlingi, Ponggok, Lodoyo dan Kesamben.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blitar Samsul Arif mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kelayakan hewan yang akan dikurbankan. Baik dari segi kesehatan maupun secara syariah Islam.

Item yang diperiksa adalah dari segi usia hewan, diketahui dengan cara memeriksa gigi. Serta memastikan fisik hewan kurban tidak mengalami kecacatan.

| Baca Juga:  Dapat Bantuan PSBI, Bupati Berharap Peternak Termotivasi

“Untuk pengecekan secara fisik rata-rata hewan kurban aman. Artinya tidak ada yang cacat maupun tanda-tanda yang mengarah ke penyakit hewan menular,” ungkap Samsul Arif usai melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar hewan terpadu Wlingi, Selasa (30/7/2019).

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Blitar. (foto:ana alana)

Pemeriksaan ini menurut Samsul, juga dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban. Sehingga masyarakat mendapatkan hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal.

“Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan membeli maupun mengkonsumsi hewan kurban,” imbuhnya.

Usai memeriksa hewan kurban petugas Dinas Peternakan Dan Perikanan juga memberikan tanda berupa kalung kepada hewan kurban. Jika hewan tersebut sudah diperiksa dan sudah dipastikan layak untuk dijadikan hewan kurban.

| Baca Juga:  Seru, Peringatan May Day di Kabupaten Blitar Diisi Dengan Jalan Sehat

Sementara itu, sejumlah pedagang yang ada di pasar hewan terpadu Wlingi mengaku senang dengan upaya yang dilakukan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Blitar.

“Kami menyambut baik karena dengan seperti ini pembeli jadi lebih mantap untuk memberi hewan kurban ini,” ungkap Lukman salah satu pedagang sapi di pasar hewan terpadu Wlingi. (Kmf)

Advetorial Dinas Koimnfo Kabupaten Blitar