Beranda Pemerintahan Kalah Dalam Pilkades, Cakades Tulungagung Bisa Ajukan Sanggahan

Kalah Dalam Pilkades, Cakades Tulungagung Bisa Ajukan Sanggahan

BERBAGI
Kabag Pemerintahan Pemkab Tulungagung, Usmalik. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah rampung menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala Desa (pilkades serentak). Pilkades ini digelar di 239 desa di Tulungagung, dengan jumlah calon sebanyak 662.

Dari data yang ada di Bagian Pemerintahan Pemkab Tulungagung, sampai siang ini, Rabu (10/7/2019), seluruh desa telah menyelesaikan penghitungan hasil pemungutan.

Meski demikian belum semuanya bisa diinput dalam web pilkades. Diperkirakan data hasil penghitungan seluruh desa sudah diinput dan dipublikasikan segera ke masyarakat.

Kabag Pemerintahan Pemkab Tulungagung, Usmalik mengatakan, sesuai dengan prosedur yang ada, calon kades yang tidak terima dengan hasil perolehan suaranya bisa mengajukan sanggahan kepada panitia pilkades.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Untuk masa sanggahan itu kita buka 2 x 24 jam, sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujarnya, Rabu (10/7/2019).

Sanggahan yang disampaikan kepada panitia akan direspon sesuai dengan prosedur yang ada. Namun jika tidak ada sanggahan sama sekali sampai batas waktu yang ditentukan, maka panitia akan melaporkan hasil pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

| Baca Juga:  Pemkab Kediri Tampung Aspirasi Terkait Pelaksanaan Pilkades

Kemudian BPD akan menindaklanjutinya dengan melaporkannya ke Plt Bupati melalui camat masing-masing.

“Kalau ndak ada sanggahan, ya nanti dalam waktu 7 hari akan dilaporkan ke BPD kemudian lanjut ke Bupati melalui pak Camat,” terangnya.

Usmalik mengakui kendati sampai saat ini proses pemungutan dan penghitungan suara telah berjalan dengan lancar, namun tidak menutup kemungkinan ada satu atau beberapa cakades yang bakal mengajukan sanggahannya.

“Ada memang yang berpotensi, tapi harapan kita seiring turunnya tensi politik usai pemungutan, maka potensi pelaporannya juga mengalami penurunan,” pungkasnya.

Pelaksanaan Pilakdes serentak di Kabupaten Tulungagung diikuti 747.696 pemilih di 239 desa. Dari cakades yang bertarung, 423 diantaranya gagal dan kemungkinan akan melakukan sanggahan. (*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here