Beranda Ekonomi Bisnis Pancaroba, Petani Ikan Hias Tulungagung Harus Alami Ini

Pancaroba, Petani Ikan Hias Tulungagung Harus Alami Ini

BERBAGI
petani ikan menguras kolamnya, untuk mengurangi tingginya angka kematian ikan akibat pancaroba.(foto:wawan setiawan)

AGTVnews.com – Memasuki musim pancaroba, sejumlah petani ikan hias di Tulungagung was-was. Pasalnya cuaca dingin mengakibatkan ikan budidaya mereka mati akibat terkena jamur insang.

Salah satu petani ikan hias di Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Tri Purwanto mengaku, kondisi ini selalu terjadi bila peralihan musim dari penghujan ke musim kemarau.

“Kalau cuacanya dingin sekali sperti ini, pasti ikan-ikan hias budidaya itu banyak yang mati. Kematian ini karena adanya jamur insang,” jelas Tri, Kamis (11/7/2019).

Kematian ikan hias untuk satu kolam bisa mencapai 50 persen. Angka ini sudah lebih sedikit bila dibandingkan sebelumnya yang bisa mencapai 80 persen.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Petani biasanya melakukan beberapa cara, biar kematian ikan ini bisa ditekan. Kalau kondisinya seperti ini maksimal 50% kematian ikan yang terjadi,”ucapnya.

| Baca Juga:  Budidaya Ikan Patin Menjanjikan Untung Melimpah

Untuk menyiasati agar ikan budidaya ini tidak banyak yang mati petani memilih untuk mengisi air kolam miliknya setengah saja. Sementara jadwal pengurasan juga lebih dipercepat. Hal ini untuk mencegah bertumbuhnya jamur insang yang bisa menyerang ikan. Selain itu, petani juga hanya mengisi air kolam setengah saja.

“Pakannya ikan juga dikurangi. Kalau biasanya 3 kali sehari, untuk kondisi seperti ini (pancaroba) ikan hanya dipakan satu kali saja,” jelasnya.

Kondisi cuaca ekstrem suhu dingin ini, diperkirakan akan terjadi hingga tiga bulan kedepan. Selain mengakibatkan tingginya kematian ikan hias. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan.

Sejumlah petani ikan di Desa Wajak Lor ini membudidayakan ikan hias jenis mas koki, ikan layer, ikan saleko dan ikan mata balon. (*)

Reporter: Wawan Setiawan
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here