Beranda Pemerintahan Pemkab Kediri Tampung Aspirasi Terkait Pelaksanaan Pilkades

Pemkab Kediri Tampung Aspirasi Terkait Pelaksanaan Pilkades

BERBAGI
ratusan Kades di Kabupaten Kediri melakukan aksi damai untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait Pilkades serentak. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menampung aspirasi yang disampaikan ratusan kepala desa se-Kabupaten Kediri. Aspirasi terkait pilkades serentak ini disampaikan melalui aksi damai di depan Kantor Pemkab Kediri, Rabu (10/7/2019).

Rencananya 26 Agustus mendatang pemkab Kediri akan menggelar pilkades di 35 desa. Saat ini tahapan pilkades sudah dilaksanakan.

para kepala desa ini meminta pilkades diadakan serentak. mengingat sekitar 200 lebih kepala desa di Kabupaten Kediri, masa jabatannya akan berakhir bulan November- Desember 2019.

Salah satu perwakilan kades, Abdul Hamid mengatakan, para kades ini meminta Pemkab Kediri menyelenggarakan pilkades bisa serentak di 250 desa.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Banyak kades ini akan selesai masa jabatan akhir 2019. Sebanyak 215 kades. Kita sudah ditemui bagian hukum, inspektorat dan BPMBD. Saat ini kita tinggal menunggu jawaban,” ujar kepala Desa Kwadungan tersebut.

| Baca Juga:  Warga di Tulungagung Amankan Pelaku Bagi-bagi Amplop, Akhirnya...

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Pemkab Kediri Sukadi menjelaskan bahwa rencananya 26 Agustus mendatang akan dilaksanakan pilkades di 35 desa. Hal tersebut karena dari tahun sebelumnya sudah lama kosong jabatan.

“Sesuai permendagri pilkades hanya bisa dilakukan 3 kali dalam kurun 6 tahun dan ini merupakan kewenangan kepala daerah. Sesuai aspirasi dari para Kades tadi, kita akan tampung dan lakukan pembahasan dengan tim terkait,”tuturnya.

“Kita tetap mendengarkan aspirasi para kades, kalau penetapan pilkades itu kan sudah ada pertimbangan dan kewenangan. Semua sudah sesuai aturan baik permendagri, pergub maupun perda,” pungkasnya.

Untuk di kabupaten kediri pilkades rencananya digelar bulan Agustus. Hal ini menjadi kali ke tiga dalam tahun 2019. Untuk itu pilkades berikutnya baru bisa digelar pada tahun 2022 nanti. (*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here