Beranda Ekonomi Bisnis Produk UMKM Tulungagung Belum Layak di Toko Modern

Produk UMKM Tulungagung Belum Layak di Toko Modern

BERBAGI
Kepala DPMPTSP Kabupaten Tulungagung, Santoso. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) Tulungagung sangat beragam. Namun sayang tidak sampai 20 persen produk tersebut yang dipasarkan di toko modern.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sampai saat ini terdapat 89 Toko Modern di Tulungagung.

Sesuai dengan peraturan yang ada, idealnya 20% produk yang dijual di Toko Modern tersebut harus berisi produk dari pelaku UMKM yang ada di Tulungagung.

Menurut Kepala DPMPTSP Kabupaten Tulungagung, Santoso mengatakan pihaknya terus berupaya menerapkan aturan tersebut, namun pelaku UMKM belum siap untuk menjadikan produknya layak jual.

| Baca Juga:  Santriprenuer Expo 2019 Hadir di Kabupaten Blitar

|video rekomendasi untuk anda:

 

Pihaknya mengakui, dari 20% produk yang digadang-gadang bakal dijual di toko modern, baru separuhnya saja yang saat ini siap diisi oleh pelaku UMKM di Tulungagung.

“Belum semua produk UMKM siap memenuhi standart yang disyaratkan oleh pasar. Mereka harus terdaftar di BPOM, punya label halal, terus PIRT nya itu juga harus ada,” jelasnya

Sejumlah upaya telah dilakukan pihaknya untuk mempercepat proses tersebut. Salah satunya dengan mempertemukan pelaku UMKM dengan manajemen Toko modern yang ada di Tulungagung.

| Baca Juga:  Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Gelar Kediri Creative Exhibition

Pertemuan ini agar tercipta kesamaan pemahaman mengenai kelayakan produk di pasarkan di toko modern.“Ini bukan yang pertama kali kita temukan antara pelaku UMKM dan toko modern. Tujuannya biar ada pemahaman yang sama mengenai produk yang layak di jual,”pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here