Beranda Pemerintahan Seminggu Kurang Gelar Pilkades, Sejumlah Desa di Tulungagung Masih Kekurangan Anggaran

Seminggu Kurang Gelar Pilkades, Sejumlah Desa di Tulungagung Masih Kekurangan Anggaran

BERBAGI
Kasubbag aparatur pemerintahan desa pemkab Tulungagung, Yudi Irwanto. (foto: Firmanto Imansyah)

AGTVnews.com – Gelaran pemilihan kepala desa serentak di Tulungagung tinggal menghitung hari. Meski demikian, ternyata ada beberapa desa yang mengaku belum bisa mencukupi anggaran pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kasubbag aparatur pemerintahan desa pemkab Tulungagung, Yudi Irwanto mengatakan, anggaran pelaksanaan pilakdes serentak tahun 2019 ini bersumber dari APBD.

“Anggaran kita dari APBD, ini kita bagi kepada desa-desa sesuai dengan Jumlah DPT nya,” ujar Yudi, (Kamis 4/7/2019).

Pihaknya mengakui sampai saat ini sudah ada 2 desa yakni desa Pojok kecamatan Ngantru dan desa Gesikan kecamatan Pakel yang secara resmi melaporkan kekurangan anggaran untuk pelaksanaan pilkades di desanya.

| Baca Juga:  KLHK Ambil Sampel Tumpukan Goni Diduga Limbah Berbahaya di Tulungagung

|video rekomendasi untuk anda:

 

Laporan tersebut telah diterimanya dan saat ini masih dalam tahap pelaporan kepada Plt Bupati Tulungagung selaku pihak yang berwenang untuk memutuskan.

“Ada 2 desa, desa Pojok Ngantru dan desa Gesikan Pakel, belum tahu keputusannya masih nunggu pak PLT. Yang jelas kita ndak boleh membebankan itu dengan meminta calon kades untuk ikut membiayai, itu melanggar hukum” tegasnya.

Yudi menjelaskan, dalam Pilkades serentak ini pihaknya sudah menganggarkan Rp 54 juta untuk desa Pojok kecamatan Ngantru dan desa Gesikan kecamatan Pakel. “DPT keduanya hampir sama, 6000an jumlah pemilihnya dan anggaran yang kita sediakan itu sebesar Rp 54 juta rupiah,” tuturnya.

| Baca Juga:  Antisipasi Botoh, Laki-laki di Tulungagung Ajak Anak Istri Ikut 'Nyalon' Pilkades

Sementara itu jumlah kekurangan anggaran yang dilaporkan oleh panitia pilkades kepada pemkab sebesar Rp 34 juta untuk desa Pojok dan Rp 20 juta untuk desa Gesikan kecamatan Pakel.

Menurut Panitia Pilkades di desa tersebut, kekurangan terjadi karena beberapa sebab mulai dari pengadaan seragam untuk petugas pemilihan, penambahan TPS dan beberapa sebab lainnya.

Diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Tulungagung akan diadakan pada 9 Juli 2019 nanti.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma