Beranda Ekonomi Bisnis Sentra Bawang Merah Nganjuk Diserang Gerandong

Sentra Bawang Merah Nganjuk Diserang Gerandong

BERBAGI
daun bawang merah yang rusak akibat diserang gerandong. (foto:bayu samudra)

AGTVnews.com – Belasan hektar tanaman bawang merah yang ada di Kabupaten Nganjuk rusak akibat serangan hama. Hama ulat ini menyerang daun tanaman dan mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh maksimal.

Menurut salah satu petani, Nadir, hama ulat ini sering disebut petani sebagai gerandong. Gerandong ini selalu muncul pada musim kemarau.

Gerandong mulai berkembang biak di dalam daun bawang merah saat usia tanaman 5 hari. Gerandong ini memakan daun. Akhirnya daun bawang merah menjadi berlubang dan patah.

“Ulat ini muncul sejak tanaman berumur 5 hari. nanti makan daun-daunnya. terus daun ini akan berlubang dan patah. Banyak tanamannya seprti ini, jadinya yang kita rugi,” ucap nadir Sabtu (13/7/2019).

|simak video berita terkait:

 

Petani sudah berupaya melakukan antisipasi termasuk menggunakan pestisida. Namun ternyata hal ini tidak banyak membantu dan tidak membuat ulat mati.

“kalau nanti pakai obat-obatan gak pas, kembangnya ini juga gak mau besar. jadi umbinya tidak akan membesar,” imbuh Nadir.

Agar tidak lebih merugi, petani memilih untuk memetik secara manual daun yang dihinggapi ulat. Sementara untuk tanaman bawang yang sudah mati dilakukan tambal sulam.

Saat ini petani hanya bisa berharap Dinas Pertanian turun ke lapangan dan bisa memberikan solusi sehingga petani tidak terus merugi. (*)

Reporter: Bayu Samudra
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here