Beranda Advetorial Tekan Harga Cabai, Dispserindag Kota Kediri Gelar Operasi Pasar

Tekan Harga Cabai, Dispserindag Kota Kediri Gelar Operasi Pasar

BERBAGI
operasi pasar murni yang diadakan Dinas Perdagangan dan Industri Kota Kediri dan TPID Kota Kediri. (foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Mengantisipasi tingginya harga cabai di pasaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kediri menggelar operasi pasar murni (OPM), Senin (15/7/2019).

OPM ini diadakan di 3 tempat di Kota Kediri, yakni di taman Sekartaji, Taman makam Pahlawan dan Stadion Gadjah Mada. Kegiatan ini digelar selama dua hari yakni 15-16 Juli 2019.

Menurut Kepala Disperindag Kota Kediri, Yetty Sisworini, operasi pasar yang diadakan ini untuk mengantisipasi adanya kelangkaan stok dan naiknya harga sejumlah komoditi terutama cabai.

“Ini perkiraan masih akan terus merangkak naik. Sementara harga cabai itu fluktuaktif, makanya kita dan TPID minimal bisa menekan di angka stabil,” tegasnya.

| Baca Juga:  Kwalitas Beras Buruk, Operasi Pasar Sepi Peminat

|video rekomendasi untuk anda:

 

Disperindag Kota kediri menyediakan stok untuk operasi pasar ini terdiri dari 20 kg cabai, 1 kwintal telur, dan 2 kwintal gula. meski tersedia banyak, namun masyarakat hanya bisa membeli 0,25 kg cabai.

“Kita batasi pembelian cabai ini. Masing-masing orang hanya bisa membeli seperempat saja. kalau belinya terlalu banyak, khawatirnya akan busuk,” ucapnya.

Yetty menambahkan apabila minat masyarakat terhadap Operasi Pasar Murni tinggi, maka Disperindag dan TPID akan melanjutkan kembali kegiatan ini.

“Kalau minat banyak kita bisa lanjutkan. Namun kesulitannya kita cari stok cabai di tingkat petani, karena berkurang produksinya dan banyak yang sudah di petik terutama karena cuaca yang sudah berubah,”pungkasnya.

| Baca Juga:  Gelar Rakor TPID Kota Kediri Evaluasi Inflasi Bulan Juli

Saat ini harga cabai dipasaran mencapai Rp 68 ribu per kilogram. Sementara untuk haraga normal berkisal antara Rp 25 ribu – 35 ribu perkilogram. (*)

Advetorial Bagian Humas dan Protoko Pemkot Kediri