Beranda Pemerintahan Warga di Tulungagung Amankan Pelaku Bagi-bagi Amplop, Akhirnya…

Warga di Tulungagung Amankan Pelaku Bagi-bagi Amplop, Akhirnya…

BERBAGI
Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Hendro Triwahyono. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Kegiatan bagi-bagi amplop atau money politik ditemukan di beberapa tempat di Kabupaten Tulungagung. Amplop ini dibagikan agar warga memilih  calon kepala desa tertentu.

Kegiatan ini ditemukan di 3 desa yakni Desa Besuki Kecamatan Besuki, Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo dan desa Blimbing Kecamatan Rejotangan Tulungagung.

Modus yag digunakan pelaku di ketiga desa hampir sama, yakni dengan memberikan amplop berisi uang kepada pemilih agar menjatuhkan pilihannya kepada calon tertentu.

Aksi mereka terbongkar oleh warga yang mencurigai aksi pelaku. Warga kemudian membawa pelaku kepada panitia pilkades setempat.

| Baca Juga:  Banyak Peminat, 5 Bakal Cakades di Tulungagung Ikuti Seleksi Awal

|simak video berita terkait:

 

Kasatreskrim Polres Tulungagung, AKP Hendro Triwahyono mengatakan 3 kasus tersebut sudah bisa diselesaikan di tingkat panitia pilkades. Artinya tidak sampai berujung pada pelaporan oleh pihak-pihak yang dirugikan.

Menurutnya, setelah semua pihak dikumpulkan oleh panitia pilkades di desa setempat kemudian semuanya diminta pendapat.

“Sudah selesai ditingkat panitia pilkades, artinya ndak sampai dibawa ke Polres. Tapi kita tetap mengetahui itu karena kan ada anggota kita disana,” ujarnya.

Hendro menjelaskan, penyelesaian dengan cara ini dianggap bisa menjaga kondusifitas di lapangan namun pihaknya telah memberikan peringatan keras agar orang-orang yang terlibat tidak mengulangi lagi perbuatannya. Untuk memperkuat hal tersebut bahkan dibuatkan surat perjanjian.

| Baca Juga:  Logistik Pilkades Bisa Pinjam KPU, Asal...

Bagi pelaku money politic, baik pemberi dan penerima bisa dijerat dengan pasal 149 KUHP, dengan ancaman hukuman 9 bulan penjara.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma